Resmi Jadi Cagub-Cawagub Sumsel, Dodi-Giri Anak Muda yang Berprestasi

225
Pasangan Dodi Reza Alex - Giri Ramanda N Kiemas saat pengumuman cagub-cawagub yang diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2018.

Jakarta, SumselSatu.com

Ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan pasangan calon untuk Pilkada Sumatera Selatan 2018. Dia menunjuk keponakan almarhum suaminya, Taufiq Kiemas, untuk berpasangan dengan Dodi Reza Alex Noerdin.

“Jadi ini pasangannya, Giri Ramanda Kiemas. Dia ini ponakan saya, tapi tidak kolusi karena saya sudah bilang ke bapak-ibunya,” kata Mega di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2018).

Giri merupakan Ketua DPD PDIP Sumatera Selatan. Giri diakui Megawati menjadi kader PDIP bermula dari aktivitas pria kelahiran 1 April 1980 tersebut di organisasi sayap pemuda PDIP, Benteng Muda Indonesia.

Giri merupakan alumni sarjana ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan melanjutkan gelar magister di Universitas Sriwijaya. Dia juga tercatat pernah mengikuti program IDEAS Indonesia batch 2, Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Ia menjadi Ketua DPRD Sumatera Selatan sejak 12 Desember 2015 dan tercatat sebagai ketua DPRD termuda.

Selain itu, menurut Mega, Giri cocok berpasangan dengan Dodi karena sama-sama memiliki prestasi. Sebelumnya Dodi sudah dipanggil ke depan dan diperkenalkan sebagai cagub Sumsel. Dodi merupakan putra dari Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

“Kalau Dodi itu mendapatkan predikat magna cumlaude dari Belgia, lalu berpartisipasi dalam forum 100 Kepemimpinan Asia, jadi Wakil Ketua Komisi VI DPR, dan jabatan terakhir Bupati Musi Banyuasin,” tutur Mega.

Mega berpesan kepada Dodi dan Giri untuk tak lupa diri nantinya. Apalagi keduanya masih muda.

“Karena muda-muda, awas loh lupa diri karena sama pintar juga sudah punya prestasi, kolusi lagi berdua nih,” kata Mega.

Dodi lahir pada 1 November 1970 dan pernah menyandang gelar ekonomi dari Universitas Leuven Belgia dengan predikat magna cumlaude, lalu gelar magister dari Universite Libre de Bruxelles. Sebelum menjabat Bupati Musi Banyuasin sejak 22 Mei 2017, Dodi sebelumnya menjadi anggota DPR RI dari Fraksi Golkar sejak 2009.

“Dodi Reza jabatan trakhirnya bupati Musi Banyuasin. Dia lulusan Universitas Leuven Belgia dengan predikat magna cumlaude. Pintar perlu tapi bukan satu-satunya,” komentar Megawati soal Dodi.

Kekuatan dukungan partai

Sebelum resmi diumumkan PDIP sebagai calon gubernur Sumatera Selatan, Dodi sempat meminta dukungan untuk maju ke Pilkada Sumsel 2018 pada November lalu.

Kala itu, ia menerangkan sudah didukung oleh Partai Golkar yang memiliki 10 kursi di DPRD dan PKB dengan 6 kursi.

“Sebenarnya kalau kursi dukungan saya sudah cukup untuk maju mendaftarkan diri melalui dukungan resmi Golkar dan PKB. Selain dua partai ini, dalam waktu dekat akan ada dua partai lagi yang siap untuk mendukung saya,” ujar dia kala itu.

Dodi kemudian menambahkan dukungan untuk maju ke laga Pilkada Sumsel dari PDIP yang memiliki 13 kursi di DPRD Sumatera Selatan. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here