Sekolah Berkesempatan Raih Hadiah Puluhan Juta di Aksi Nasional Wajah Bahasa

194
OBYEK TULISAN ---- Contoh obyek tulisan yang bisa difoto untuk even Aksi Nasional Wajah Bahasa. (FOTO: SS1/IST)

Palembang, SumselSatu.com

Kabar menarik bagi seluruh sekolah di tiap jenjang pendidikan. Lembaga pendidikan tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA berkesempatan mendapat hadiah uang pembinaan dengan total mencapai Rp60 juta.

Peluang tersebut bisa diperebutkan pada even Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik melalui penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2019 yang diselenggarakan Balai Bahasa Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan.

Kepala Balai Bahasa Sumsel, Drs. H. Firman Susilo, M.Hum. (FOTO: SS1/IST)

Kepala Balai Bahasa Sumsel, Drs H Firman Susilo, MHum, Jumat (1/2/2019), menjelaskan, penghargaan ditujukan untuk sekolah tingkat SD negeri/swasta dan MI negeri/swasta, SMP negeri/swasta dan MTs negeri/swasta, serta SMA/MA/SMK negeri/swasta se-Sumsel.

“Wajah Bahasa Sekolah merupakan gambaran atas sikap positif terhadap penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah,” kata Firman.

Firman menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan situasi tertib berbahasa di ruang publik sebagai bagian dari pendidikan literasi sepanjang hayat, sesuai dengan perintah UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Peserta aksi terbaik akan diseleksi untuk memperebutkan penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2009. Lima peserta terbaik akan mendapatkan piagam penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Provinsi Tahun 2019 dan uang pembinaan masing-masing tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA.

Terbaik I berhak atas uang pembinaan Rp5 juta, Terbaik II mendapat Rp4,5 juta, Terbaik III Rp4 juta, Terbaik IV Rp3,5juta, dan Terbaik V Rp3 juta. Jadi total hadiah sebesar Rp60 juta.

“Selain itu, khusus lima terbaik tingkat SMP/MTs akan diikutsertakan pada kegiatan sejenis tingkat nasional memperebutkan total hadiah sebesar Rp54 juta,” kata Firman Susilo.

Pada aksi lomba ini, lembaga sekolah sebagai peserta mengirimkan foto obyek-obyek tulisan yang ada di sekolah masing-masing. Penilaian dilakukan terhadap 10 foto obyek penggunaan bahasa sebagai berikut; tulisan nama sekolah/nama gedung (2 foto), tulisan nama sarana umum (1 foto), tulisan nama ruang pertemuan (1 foto), tulisan nama produk barang/jasa (1 foto), tulisan nama jabatan (1 foto), tulisan penunjuk arah atau rambu umum (1 foto), tulisan berbentuk spanduk atau informasi lain sejenisnya (2 foto).

“Foto harus terbaru dengan resolusi 72–300 dpl, format jpg, foto asli hasil pemotretan di sekolah,” kata Firman.

Sepuluh foto obyek tulisan disertai surat pengantar dari kepala sekolah dikirim ke ponsel panitia wajahbahasasumsel@gmail.com dengan subjek pengiriman nama sekolah_wilayah_nama pengirim_nomor telepon pengirim. “Pengiriman paling lambat 8 Maret 2019),” imbuh Firman.

Untuk penjelasan lebih detil, pihak sekolah bisa berkomunikasi dengan panitia di Balai Bahasa Sumsel atau di nomor HP/WA 0816381602, 081278966331, 082176188211, dan 08127347835. #ama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here