Seminggu Jelang Asian Games, Operasi Penertiban Penyakit Masyarakat

136
Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel Rosyidin Hassan (Kanan) didampingi Kabid Penanganan Kemisminan Adi Darmadi (kiri). (FOTO : SS1/Mardiansyah)

Palembang, Sumselsatu.com

Pada pergelaran Asian Games pada bulan Agustus 2018 di kota Palembang nanti, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan menertibkan Penyakit Masyarakat (Pekat) khususnya di tengah Kota Palembang.

Hal ini di sampaikan Kepala Dinas Provinsi Sumsel Rosyidin Hassan, ia menjelaskan pengamanan terhadap pekat ini akan dilakukan satu minggu sebelum pergelaran Asian Games di mulai.

“H-7 akan kita amankan mereka agar para tamu dari negara lain tidak beranggapan buruk terhadap masyarakat Sumsel terutama kota Palembang yang menjadi tuan rumah Asian Games ,” ungkapnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/4/2018).

Dijelaskan Rosyidin, pekat ini seperti Anak Jalanan (anjal), anak Punk, Gembel, dan juga pengemis-pengemis yang biasa berkeliaran di jalanan kota Palembang. Jadi, pihaknya akan berusaha mengamankan Pekat ini setidaknya selama perhelatan Asian Games atau selama satu bulan pergelaran Asian Games.

Lanjutnya, penjaringan pekat ini nantinya akan dilakukan di seluruh kawasan kota Palembang dan juga di perbatasan pintu masuk kota Palembang. “Jadi nanti kita akan menempatkan tim di perbatasan kota Palembang, jika ada pekat yang masuk langsung kita jaring,” ungkapnya.

Pekat yang terjaring ini, nantinya akan ditempatkan di panti sosial atau panti rehabilitasi yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI). Di sana pekat akan dibina agar ke depan mereka bisa menjalankan kehidupan dengan lebih baik.

“Kenapa ditempatkan di OI, karena jaraknya lumayan jauh dari Palembang. Jadi jika mereka kabur dan kembali ke kota Palembang bisa kami tangkap kembali di perbatasan kota. Kalau mereka ini di tempatkan di panti kota Palembang mereka bisa kabur dan kembali kejalanan kota Palembang,” tegas Rosyidin.

Dijelaskan Rosyidin, jika Pekat ini tidak semuanya asli warga kota Palembang, ada juga yang datangan dari kota lain di wilayah Sumsel dan ada juga yang datangan dari Provinsi lain.

Untuk itu, dalam kelancaran penjaringan pekat nanti,  pihaknya akan menjalin kerja sama dengan pihak kepolisian baik Polresta Kota Palembang untuk penangkapan, dan juga Polresta Kabupaten OI untuk pengamanan selama pekat ini direhabilitasi di OI.

“Ini bentuk Suport kami untuk Asian Games nanti, kami akan mengamankan Pekat yang bisa menggangu seluruh aktifitas dalam pelaksanaan Asian Games,” tutupnya. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here