Panwaslu Palembang, Gelar Pojok Pengawasan Partisipatif Pemilih Pemula

68

Palembang, SumselSatu.com

Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kota Palembang, menggelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada para pemilih pemula SMA SMK se-kota Palembang.

Acara sosialisasi ini guna memberikan wawasan terhadap pemilih pemula terkait dengan penyelenggaraan Pemilukada serentak 2018 dan Pemilu 2019. Acara digelar di hotel Horizon Ultima,  Jumat (23/3/2018) malam, dihadiri langsung Komisioner Bawaslu RI divisi Hukum Fritz Edwar Siregar.

Dikatakan Ketua Panwaslu Kota Palembang M Taufik, Dalam sosialisi partisipatif pengawasan pemilih pemula, Panwaslu mengundang anak-anak sekolah, khususnya kelas X untuk memberikan pengetahuan terkait membantu pengawasan

“Diharapkan peran aktif pemilih pemula dalam mengawasi Pemilukada 2018, sehingga tercipta pemilu yang jujur, aman dan bermartabat,” terangnya.

Tidak lupa, dirinya meminta kepada seluruh peserta yang hadir pada kesempatan itu untuk dapat memberikan informasi kepada kalangan remaja dan masyarakat atas apa yang telah dipaparkan dalam acara sosialisasi  pengawasan partisipatif.

Pasalnya, kata dia, dalam pelaksanaan Pemilukada dan Pemilu terdapat beberapa rambu-rambu pada pelaksanaannya.

“Kita melaksanakan acara ini untuk memberikan wawasan terkait dengan aturan Pemilukada dan Pemilu. Serta melibatkan pemilih pemula dalam mengawasi jalannya Pemilukada,” katanya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu RI divisi Hukum Fritz Edwar Siregar mengungkapkan, dengan adanya acara ini diharapkan para pemilih pemula dapat berperan aktif dalam pengawasan serta jumlah partisipasi pemilih pemula dapat meningkat.

“Pemilih pemula wajib memiliki pengetahuan, apa itu Pemilukada dan apa itu yang tergolong kategori pelanggaran,” jelasnya.

Sementara itu, sosialisasi yang diberikan oleh Panwaslu Kota Palembang mendapat sambutan baik perwakilan pelajar SMU dari enam Sekolah.

“Sangat senang, jadi kami mengetahui apa itu Pemilukada, apa saja yang tergolong dalam kecurangan,” tutur M Dwi Pasya, perwakilan siswa kelas X SMKN 1. #yud 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here