Menang, Atau Makin Dekat ke Zona Degradasi

41

Palembang, Sumselsatu.com – Laga amat sulit harus dijalani Sriwijaya FC (SFC) saat menjamu Mitra Kukar, pada pekan ke-10 Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Rabu (7/6/2017) malam.

Laga ini tidak hanya sebagai penentu nasib Oswaldo Lessa sebagai pelatih utama Laskar Wong Kito. Sebelumnya, manajemen PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) sudah memberikan ultimatum. Seri, apalagi kalah, Lessa harus meninggalkan kursi kepelatihan SFC, menyusul Widodo C Putro yang juga didepak pada awal musim.

Lebih dari itu, pengoleksi dua gelar juara kompetisi kasta tertinggi Tanah Air itu kini terbenam di peringkat 13 klasemen sementara. Jika sampai kalah lagi, bisa dipastikan SFC akan semakin dekat dengan jurang dergradasi.

Tiga tim penghuni zona degradasi kini ditempati Persiba Balikpapan di peringkat 18 dengan 4 poin, Gresik United peringkat 16 dengan 5 poin, Perseru Serui di posisi 16 juga dengan lima poin. Sementara Semen Padang dan Persija yang bercokol di peringkat 14 dan 15 sudah mengumpulkan 11 dan 9 poin.

“Saya pikir kami tidak perlu berkata banyak dan hanya perlu membuktikan kemenangan nantinya. Seluruh pemain pun juga sudah berkomitmen yang sama. Semua masyarakat di Sumatera Selatan juga tahu bahwa jika saya gagal meraih poin penuh atas Mitra Kukar, maka saya akan keluar dari klub ini,” demikian penegasan Oswaldo Lessa saat sesi konfrensi pers jelang laga, Selasa (6/6/2017) sore.

Ya, SFC saat ini sedang dalam performa yang sangat tidak stabil. Faktor inkonsistensi membuat mereka kesulitan di awal-awal kompetisi. Faktor adaptasi yang lamban oleh pelatih baru Osvaldo Lessa yang baru menukangi tim kebanggaan masyarakat kota Palembang itu, menjadi sesuatu yang tak bisa dihindari.

Pada lima pertandingan terakhir Laskar Wong Kito, yang hanya mendapat hasil dua kemenangan, dua kekalahan, serta sekali hasil imbang. Sejauh ini, Alberto Goncalves dkk sudah menelan empat kekalahan musim ini. Mirisnya, lawan dalam kondisi bagus dan bercokol di peringkat 4 dengan 15 poin.

Lessa mengaku, SFC tidak punya cara lain untuk menang kecuali dengan bermain menyerang dan agresif. Meski begitu, dia juga waspada karena Mitra Kukar adalah lawan yang tangguh dan memiliki sejumlah pemain yang dapat merepotkan barisan pertahanan timnya.

Berbicara pemain yang diwaspadai, Lessa sangat mewaspadai marquee player Mitra Kukar, Mohamed Sissoko. Mantan pemain Juventus ini mempunyai passing bagus dan tipikal pemain memecah kebuntuan yang amat berbahaya jika diberi ruang bebas.

“Tentu kami tidak bisa membiarkannya berkembang, pemain yang berada dekat dengannya harus mematikan pergerakan Sissoko. Evaluasi juga sudah dilakukan terutama dari bahaya bola mati. Kemarin di pertandingan terakhir, dua gol yang bersarang ke gawang kami semuanya berasal dari corner kick, tentu hal ini tidak boleh terulang lagi,” jelas mantan arsitek Persipura Jayapura tersebut.

Sementara itu, Pelatih Mitra Kukar Jafri Sastra mengaku, sudah mendengar tentang masalah internal SFC dari media. Dia mengakui, kondisi tersebut membuat pelatih sulit berkembang bersama tim.

“Kurang baik bagi situasi kepelatihan di Indonesia. Tetapi ini tidak membuat kami lengah. Kami tetap fokus cari poin. Pemain saya juga tekankan untuk tidak terpengaruh kondisi tim lawan, apa yang dialami oleh tim lawan bukanlah sebuah keuntungan buat kami, harus fokus fisik dan mental selama 90 menit,” ujarnya.

Dikatakannya, Tim Naga Mekes datang ke Palembang untuk mempertahankan tren positif. Pada pertandingan sebelumnya Mitra Kukar menang 5-3 atas PS TNI di Tenggarong. Meski begitu, jadwal yang mepet bisa menjadi faktor penghambat.

“Bisa mencetak banyak gol melawan PS TNI sangat baik dan pencapaian itu positif dan sesuai harapan. Tapi saya sudah katakan ke pemain untuk mengabaikan hal itu, tetap kerja keras karena dan jangan fokus ke klasemen, meski posisi lebih baik dari Sriwijaya FC tetapi itu bukan jaminan kami akan mudah melibas mereka,” ucap Jafri merendah. (Ari/son)

Lima Pertandingan Terakhir Sriwijaya FC
01/06/2017 Persela Lamongan 2-1 Sriwijaya FC
27/05/2017 Sriwijaya FC 0-0 Madura United FC
21/05/2017 PSM Makassar 1-0 Sriwijaya FC
13/05/2017 Sriwijaya FC 3-2 Barito Putera
09/05/2017 Persiba Balikpapan 0-2 Sriwijaya FC

Lima Pertandingan Terakhir Mitra Kukar
02/06/2017 Mitra Kukar 5-3 PS TNI
28/05/2017 Arema FC 2-0 Mitra Kukar
20/05/2017 Mitra Kukar 1-0 Perseru Serui
14/05/2017 Persija Jakarta 1-1 Mitra Kukar
10/05/2017 Mitra Kukar 2-1 Bali United Pusam

Rekor Pertemuan :
09/10/2016 Mitra Kukar 1-0 Sriwijaya FC
29/05/2016 Sriwijaya FC 0-0 Mitra Kukar
24/08/2013 Sriwijaya FC 2-2 Mitra Kukar
26/01/2013 Mitra Kukar 4-2 Sriwijaya FC
22/04/2012 Mitra Kukar 0-1 Sriwijaya FC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here