Tiga Kelas Jauh di OKU Jadi SD Negeri

86
PERESMIAN – Bupati OKU Drs H Kuryana Aziz berfoto bersama unsur muspida setempat pada acara peresmian tiga SD Negeri di Kabupaten OKU, Kamis (6/9/2018). (FOTO: SS1/WIDORI)

Baturaja, SumselSatu.com

Tiga sekolah dasar (SD) yang hanya berstatus kelas jauh di Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), akhirnya dijadikan SD Negeri yang diresmikan oleh Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, Kamis (6/9/2018).

Tiga kelas jauh di kecamatan termuda di OKU yang baru diresmikan tahun silam di OKU itu yakni SDN 186 Desa Kedaton Timur yang sebelumnya merupakan sekolah kelas jauh SDN 177 Tanjung Makmur, SDN 187 Desa Sinar Kedaton sebelumnya merupakan sekolah kelas jauh SDN 163 Kedaton, dan SDN 188 Dusun Sukarame Desa Bunglai yang sebelumnya sekolah kelas jauh  SDN 149 Bunglai.

Acara peresmian tiga SD Negeri tersebut dipusatkan di lapangan sepakbola Desa Kedaton Timur, Kecamatan KPR dihadiri unsur muspida dan pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten OKU.

Bupati Kuryana Azis mengatakan, sekolah sangat dibutuhkan, karena di situlah tempat menempa dan mendidik anak-anak. “Amun bute huruf dek tau nak jadi pejabat (kalau buta huruf tidak bisa jadi pejabat, red),” kata Bupati dengan bahasa daerah Ogan.

Pada kesempatan itu Kuryana juga mengajak masayarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka. “Sekarang ini zamannya wajib belajar agar anak kita bisa mengenyam pendidikan, dan gratis karena biayanya sudah ditanggung oleh pemerintah daerah dan pemerintah provinsi,” ujarnya.

Acara peresmian tiga sekolah dasar negeri tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati OKU dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) kepada masing-masing pelaksana tugas kepala sekolah.

PJ Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Paranto, saat menyampaikan sambutan mengatakan, pendidikan merupakan satu pilar penting dalam menuntaskan wajib belajar sembilan tahun, yang tentunya harus didukung oleh pemerintah selaku pemangku kebijakan.

Peresmian tiga sekolah ini, kata Paranto, merupakan keinginan masyarakat setempat, yang sebelumnya sangat sulit menjangkau lokasi sekolah. “Dengan diresmikannya sekolah jauh ini, semoga kegiatan belajar mengajar bisa lebih efektif,” kata Paranto. #ori

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here