Sumsel Makin Gemilang di Usia 71 Tahun

38
Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda menyanyikan lagu Indonesia Raya pada HUT ke-71 Pemprov Sumsel.

Palembang, Sumselsatu.com – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kini tepat berusia 71 tahun dengan dilaksanakannya Rapat Paripurna Istimewa XIII di Gedung DPRD Sumsel, Jumat (19/5/2017). Pada usia ini, banyak harapan yang diinginkan masyarakat dan pemerintah, salah satunya menjadikan Sumsel menuju masa depan gemilang.

Rapat Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas dan dihadiri Wakil Gubernur Sumsek Ishak Mekki. Adapun tema yang diangkat adalah ‘Dengan Semangat Hari Jadi Provinsi Sumsel ke-71, Mari Kita Wujudkan Sumatera Selatan Sejahtera, Lebih Maju dan Berdaya Saing Internasional Sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Asian Games ke-18.

Melalui kesempatan tersebut, Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda mengajak semua pihak untuk menjadikan momen ini sebagai wahana melakukan evaluasi terhadap capaian pembangunan Sumsel. Serta terus meningkatkan komitmen bersama membangun Sumsel semakin baik lagi ke depan.

“Peringatan ini merupakan momen penting, tidak hanya sebagai wahana untuk melakukan evaluasi terhadap perjalanan panjang berdirinya provinsi Sumsel, tetapi juga sebagai batu pijakan untuk kembali menetapkan dan memantapkan cita-cita yang sudah disepakati bersama, yakni mensejahterakan masyarakat,” kata Giri Ramanda.

Giri mengakui kalau provinsi Sumsel merupakan salah satu provinsi yang terdepan yang diakui oleh dunia internasional.Berbagai even internasional telah dan akan dilaksanakan di Sumsel. Salah satu perhelatan besar yang akan dilaksanakan di Sumsel adalah Asian Games 2018.

“Untuk itu Pemprov Sumsel sudah membangun berbagai infrastruktur baik didanai APBN dan APBD Sumsel. Pembangunan yang dilaksanakan Sumsel saat ini sejalan dengan rencana pemerintah  tahun 2017 yang terkait langsung dengan strategi pembangunan yang telah digariskan dalam RPJMM tahun 2016-2019, dalam melaksanakan agenda nasional untuk mewujudkan  Nawacita,” pungkas Giri.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan, peringatan ini merupakan momen yang sangat penting, tidak hanya menjadi sarana evaluasi terhadap perjalanan panjang berdirinya provinsi Sumsel. Lebih dari itu, ini sebagai batu pijakan untuk menatap dan memantapkan cita-cita yang sudah disepakati bersama yaitu mensejahterakan masyarakat.

“Hari jadi Sumsel tidak lepas dari sejarah panjang provinsi Sumsel yang sudah melekat dengan kebesaran  Kerajaan Sriwijaya yang telah membanggakan di lingkup lokal, nasional dan internasional. Kejayaan dan kebesaran Kerajaan Sriwijaya tercatat indah dalam lembaran sejarah bangsa Indonesia yang menjadi salah satu bagian besar dalam lintasan waktu yang sangat berarti bagi kebesaran bangsa ini.

Namun demikian, bagi kita masyarakat Sumsel kejayaan dan kebesaran Kerajaan Sriwijaya bukan sekadar catatan sejarah yang terpampang rapi dalam rak-rak buku perpustakaan maupun bahan bacaan belaka. Lebih dari itu Kerajaan Sriwijaya menjadi inspirasi dan sebuah motivasi untuk menjadikan Sumsel sebagai provinsi terdepan dan provinsi yang mampu memberikan pengaruh positif untuk kemajuan bangsa Indonesia dan berkontribusi nyata untuk dunia internasional,” katanya. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here