TAJ TNI-AU Singgah di Lanud Palembang

8
TAJ TNI-AU----Kadislog Letkol Kal Pander Sianipar, SE, saat menerima TAJ TNI-AU, di Lanud Palembang, Senin (4/2/2020). (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Tim Aerobatik Jupiter (TAJ) atau Jupiter Aerobatic Team (JAT) Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara (TNI-AU), mendarat di Pangkalan TNI-AU (Lanud) Sri Mulyano Herlambang (SMH), Palembang, Senin (3/2/2020).

TAJ yang dipimpin Danskadik 102 Letkol Pnb Muhammad Yunus disambut para Kadis dan Perwira Staf Lanud SMH, di Base Ops Lanud SMH, Palembang.

Muhammad Yunus mengatakan, mereka telah berlatih selama dua bulan lalu untuk terbang di Singapore Air Show 2020.

“Berlatih manuver-manuver yang baru, karena di Singapore berbeda dengan tempat yang lain, seperti di Langkawi,” ujar Yunus.

Dia menerangkan, ada 15 manuver yang akan ditampilkan. Diantaranya adalah Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Clover Leaf, Break Off, dan Jupiter Wheel. Kemudian, Tango To Diamond, Screw Roll, Leader Benefit, Mirror, dan Jupiter Roll. Lalu, Five Cards Loop Solo Spin, Jupiter Roll Back, dan Boom Burst.

“Dengan target menampilkan manuver-manuver yang sudah kami latihkan sebagai representatif dalam hal ini TNI-AU, umumnya untuk bangsa dan negara Indonesia,” kata Yunus.

Disampaikan Yunus, Singapore Air Show 2020 adalah kali ketiga. Sebelumnya di 2014 dan 2016.

“Rencana kita membawa tujuh pesawat, 15 crew, dan 45 ground crew, dan kemarin hari Jumat, 31 Januari 2020, pada saat sesi latihan, sudah disaksikan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna,” terangnya.

Dia mengatakan, tantangan di Singapore saat ini adalah pemberitaan tentang Virus Corona. Karena itu, pihaknya mewaspadai dan menyiapkan obat-obatan, termasuk masker, vitamin, thermometer, dan lainnya.

“Sebelumnya kami sudah di-breefing secara detail masalah Virus Corona ini, harapannya bisa kami laksanakan manuver dengan aman dan lancer,” kata Yunus.

Kadislog Letkol Kal Pander Sianipar, SE, mengatakan, kedatangan TAJ pihaknya sudah menyiapkan pengamanan pesawat, dan dukungan-dukungan untuk tim.

Komandan Lanud SMH Kolonel Pnb Firman Wirayuda, ST, MSoc.Sc, sudah berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel maupun Pemerintah Kota (Pemko) Palembang, untuk sarana transportasi dan akomodasi.

“Kedatangan JAT ini adalah suatu kebanggaan masyarakat Palembang, kita ketahui bersama bahwa pesawat Jupiter Aerobatic Team adalah kebanggaan kita semua, yang akan tampil di luar negeri, bisa singgah di Lanud SMH, Palembang,” katanya.

“Dimana anak-anak sekolah atau masyarakat yang sempat hadir untuk menyaksikan dan bisa mengetahui seperti apa sih pesawat kita,” tambahnya. #nti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here