Tim Karhutla Polda Sumsel Bangun Sekat Kanal PT PPA‎

62
Personil Satbrimob yang tergabung dalam Tim Supervisi Pencegahan Karhutla Polda Sumsel saat melakukan pembuatan sekat kanal.

Muarabeliti, SumselSatu.com – Tim Supervisi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) turun ke perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Musirawas (Mura). Mereka melakukan pembuatan sekat kanal pencegahan Karhutla.

Kepala Polri Resor (Kapolres) Mura AKBP Pambudi, SIK, mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan pembuatan sekat kanal di perusahaan perkebunan di Kabupaten Mura. Bahkan, para Bhabinkamtibmas memberikan sosialisasi dengan menyebar brosur di masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Kami juga telah memberikan imbauan tegas kepada perusahaan perkebunan. Untuk menyiapkan penanggulangan Karhutla selain sekat kanal. Seperti, embung, tangki air, dan peralatan pendukung pencegahan Karhutla,” ujar Pambudi, Selasa (8/8/2017).

Pambudi turun langsung ke sejumlah perusahaan perkebunan melakukan pembangunan sekat kanal sesuai aturan yang ada, agar benar-benar berguna untuk penyerapan air bagi lahan gambut untuk mencegah kebakaran.

“Kami juga terima kasih Karo Ops Polda Sumsel turun langsung di Kabupaten Mura membuat sekat kanal di beberapa perusahaan perkebunan dan lahan masyarakat,” tambahnya.

Pambudi menjelaskan, saat ini juga tim supervisi Polda Sumsel terkait pencegahan Karhutla telah turun di Kabupaten Mura dan Kabupaten Muratara melakukan pembangunan sekat kanal di sejumlah perusahaan perkebunan.

“Penanganan Karhutla sudah jelas semua pihak dan masyarakat turut berperan. Sehingga, diharapkan permasalahan Karhutla dapat ditangani secara bersama-sama,” kata Pambudi.

Perwakilan PT Pratama Palm Abadi (PPA) Kecamatan Muara Lakitan, Suroso menyampaikan, Tim Supervisi Polda Sumsel yang diketuai AKP Dedi Rahmat Hidayat turun langsung ke perusahaan perkebunan bersama personil Satbrimob Polda Sumsel membangun sejumlah sekat kanal.

“Kami perusahaan PT PPA berterima kasih dukungan Polda Sumsel melakukan pembuatan sekat kanal di areal perkebunan. Sehingga, ke depan pencegahan Karhutla menjadi perhatian manajemen perusahaan PT PPA,” kata Suroso.

Dia menambahkan, untuk pembuatan sekat kanal telah dilakukan pembangunan bersama Kapolres Mura AKBP Pambudi, SIK. Bahkan, dilakukan pengecekan bangunan tiga menara pemantau api yang sedang dibangun beserta tangki air, mesin pompa, dan sejumlah alat pemadam kebakaran (APK).

“Kami siapkan semua penanganan Karhutla. Dan mencegah jangan sampai terjadi kebakaran di areal perkebunan kelapa sawit,” tandasnya. (zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here