Muratara Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak

147
LAYAK ANAK----Penghargaan Men-PPPA yang diberikan kepada Bupati Muratara

 

Muarabeliti, SumselSatu.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musirawas Utara (Muratara) kembali mendapatkan penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Men-PPPA RI).

Bupati Muratara Syarif Hidayat menerima penghargaan sebagai Inisiator Kabupaten Muratara Menuju Kabupaten Layak Anak.

Syarif Hidayat meminta kepada semua pihak terus berkomitmen memberikan perlindungan hak dan perlindungan anak.

“Kita perlu membangun komitmen dalam memberikan perlindungan dan keselamatan dan hak hidup anak yang layak sesuai hak-hak dasar anak. Sehingga, kehadiran pemerintah berperan besar dalam penyelamatan dan perlindungan hak anak serta perempuan,” ujar Syarif, Selasa (8/8/2017).

Untuk mewujudkan Muratara menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA), selama ini pihaknya terus mendorong berbagai program demi melindungi hak anak dan perempuan.

“Sekarang kami telah membuat Peraturan Bupati tentang Perlindungan Ibu dan Anak,” tambahnya.

Bupati Muratara meminta semua pihak pemangku kepentingan mengambil langkah-langkah strategis guna mengatasi persoalan yang dihadapi perempuan dan anak, dan bertanggungjawab penuh dalam memberikan pelayanan  kepada perempuan dan anak di berbagai aspek.

“Dalam mencapai target Kabupaten Layak Anak juga diperlukan dukungan dari berbagai pihak. Terlebih dari organisasi perangkat daerah terkait, sehingga program-program yang berkaitan dengan KLA dapat berjalan baik. Seperti, kegiatan-kegiatan perencanaan pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak,” terang Syarif.

Kepala Bidang (Kabid) PPPA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan PPPA Muratara Mulyadi Pabena menyampaikan, penilaian yang dilakukan Pemerintah Provinsi maupun Pusat dilakukan beberapa bulan terakhir. Berupa kuisioner untuk penilaian kelengkapan administrasi.‎

“Semua kami isi sesuai dengan fakta kegiatan yang sudah kami laksanakan,” ujar Mulyadi yang berbicara mewakili Kepala Dinas PMD dan PPPA Muratara Firdaus.

Kuisioner yang harus diisi, yakni ada tidaknya forum anak maupun P2TP2A. Di Kabupaten Muratara lembaga itu sudah terbentuk dan berjalan.

“Kami berterima kasih sekali, ada penilaian dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Sumatera Selatan. Ke depan kami akan tingkatkan untuk kemajuan pelayanan di masyarakat Kabupaten Muratara,” kata Mulyadi. #gky

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here