Waktu Operasional Pasar Tradisional Diperpanjang saat Puasa

60
SIBUK---Suasana Pasar Sekanak pada jam operasional biasa. (FOTO : Istimewa)

Palembang, SumselSatu.com

Pada bulan Ramadhan nanti, rencananya setiap pasar kota di Palembang akan diperpanjang waktu operasionalnya. Perpanjangan waktu ini biasanya memang selalu terjadi ketika memasuki bulan Puasa.

Hal ini diungkapkan Syahrul, Direktur Opersional (Dirops) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya melalui Kabid Pemasaran dan Pembinaan Pedagang, Rinto Siswandi saat ditemui wartawan, Rabu (25/4/2018).

Menurutnya seperti biasanya jam operasional pasar akan berubah dibulan Ramadhan, tergantung para pedagang.

“Kalau di hari biasa, pasar buka pukul 5.30 hingga 13.00. Nantinya di bulan Ramadhan, dari pukul 05.00 hingga pukul 15.00,” ungkapnya.

Jam operasional yang lebih panjang ini, sudah menjadi kebiasaan pedagang yang ada di Palembang. Menurutnya jumlah pedagang pun dapat meningkat pada bulan puasa menjadi lebih banyak dari biasanya.

“Karena, ketika sore hari, banyak pedagang di pasar yang menjual makanan untuk berbuka. Ini selalu menjadi tradisi selama satu bulan penuh”, ungkapnya.

Jam operasional yang lebih panjang juga membuat jumlah pedagang semakin meningkat, karena ada pedagang datangan.

Selain itu juga menjelang momen ramadhan PD Pasar terus mendata harga bahan pangan dipasaran. Rinto pun mengaku sejauh ini pihaknya, akan terus berkordinasi dengan dinas terkait guna melakukan operasi pasar.

“Untuk operasi pasar belum ada omongan sejauh ini. Namun tetap, kami rutin mendata harga sembako tiap harinya untuk terus menjaga harga tetap stabil. Data tersebut selalu kami setor ke Dinas Perdagangan. Namun untuk operasi pasar biasanya dilakukan pada bulan puasa oleh Bulog dan Disdag, guna mengontrol harga bahan pokok dan melakukan operasi pasar, seperti beras, daging, minyak,” pungkasnya. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here