2023, Siswa SD dan SMP di Palembang Dapat Seragam Sekolah Gratis

WAWANCARA---Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto saat diwawancarai usai kegiatan Nuzulul Quran di Aula Diknas Palembang, Selasa (19/4/2022). (Foto: SS 1/Yanti).

Palembang, SumselSatu.com

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang akan memberikan seragam gratis bagi siswa baru sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) baik negeri dan swasta. Pemberian segera sekolah gratis tersebut akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2023.

Kepala Disdik Kota Palembang Ahmad Zulinto, SPd, MM, mengatakan, pemerintah berkewajiban memberikan kemudahan pendidikan dengan membolehkan memberikan seragam sekolah, sepatu dan tas.

“Tahun 2023 nanti, saya akan mencoba memberikan bantuan kepada siswa baru SD dan SMP berupa segaram sekolah. Karena seperti yang kita ketahui, Covid-19 beberapa tahun ini sangat berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat. Jadi baju seragam SD dan SMP itu akan kita berikan gratis,” kata Zulinto.

Zulinto menjelaskan, terkait dana anggaran akan dihitung dari jumlah rasio siswa SD dan SMP pada tahun ajaran baru. Namun yang diutamakan adalah siswa baru SD dan SMP Negeri.

“Namun tidak menutup kemungkinan siswa baru di sekolah swasta juga kita bantu seragamnya,” ujar Zulinto.saat diwawancarai usai kegiatan Nuzulul Quran di Aula Diknas Palembang, Selasa (19/4/2022).

Khusus sekolah swasta, kata dia, akan dikoordinasikan dulu, karena sekolah swasta biasanya menjual baju, dan tidak mau menghilangkan penghasilan mereka.

“Kalau sekolah swasta siap menerima bantuan seragam sekolah tanpa harus dijual maka akan kita bantu. Itu khusus siswa baru, tujuannya untuk meringankan beban orangtua,” kata Zulinto.

Menurut Zulinto, anggaran untuk segaram sekolah siswa baru tidak lebih dari Rp20 miliar.

“Saya yakin ini bisa dilaksanakan. Karena anggarannya itu di Dinas Pendidikan Palembang yang mengajukan,” katanya. #fly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here