4 Cara Ngopi Sehat Selama Puasa

61
Ilustrasi kopi. (FOTO: SS1/Net)

Palembang, SumselSatu.com

Banyak yang meragu dan khawatir jika ibadah puasa dapat menghentikan kegiatan minum kopi sebulan penuh. Padahal sebenarnya tidak perlu begitu karena kita tetap bisa ngopi asal tahu aturannya.

Majalah ottencoffe.co.id menulis empat tips sederhana yang semoga bisa membantu kalian tetap bisa merasakan nikmatnya ngopi di bulan istimewa ini.

Jangan Berlebihan

Kondisi tubuh saat berpuasa dengan saat tidak berpuasa pastilah berbeda. Oleh karena itu, kebiasaan ngopi saat kamu berpuasa dengan pada saat tidak berpuasa tidak bisa disamakan. Jika selama ini kamu bisa mengonsumsi 4-5 cangkir per hari dan tubuhmu baik-baik saja, hal ini tidak bisa diterapkan saat kamu berpuasa. Minumlah kopi secukupnya di saat sahur. Biasanya satu cangkir saja agar tubuh sedikit berenergi. Juga minumlah secangkir lagi 1-2 jam setelah berbuka agar kamu semangat melakukan ibadah seperti tarawih dan tadarus pada malam hari. Ingat, ngopi-lah dengan cukup dan jangan lupa listen to your body.

Cermat Memilih Jenis Kopi

Biasanya saat bulan Ramadan kopi yang baik untuk dikonsumsi adalah jenis kopi arabika. Kenapa? Karena arabika kafeinnya lebih rendah dari robusta yang seperti kita tahu kafeinnya dua kali lipat. Saat berpuasa kita tidak membutuhkan kafein yang terlalu tinggi karena tubuh sedang tidak memerlukan hal itu. Juga konsumsilah kopi yang fresh dan jelas asal-usulnya. Kopi yang tidak fresh ataupun kopi instan tidak baik untuk tubuh. Efeknya bisa saja mengganggu kesehatanmu.

Minum Air yang Cukup

Banyak yang sudah tahu bahwa jika mengonsumsi kopi, maka harus diimbangi dengan mengonsumi air yang cukup. Kenapa? Karena biasanya sehabis minum kopi beberapa orang sering merasa haus dan dehidrasi. Apalagi pada saat menjalankan puasa seperti ini yang sudah jelas tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Maka jika selesai minum kopi, maka harus diseimbangkan dengan minum air yang cukup agar tidak kekurangan cairan dan bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih maksimal.

Lakukan Coffee Nap

Coffee naps adalah sebuah tidur siang singkat yang biasanya dilakukan 10 – 20 menit setelah kamu menikmati secangkir kopi di afternoon coffee-mu setiap harinya. Istirahat siang ini berguna untuk memompa semangat dan tenaga agar kamu tak merasakan kantuk yang sering menyerang di jam-jam kerja. Nah, di bulan puasa kamu bisa melakukan coffee nap setelah shalat Subuh. Jadi kamu mengonsumsi kopi saat sahur lalu lanjut shalat Subuh. Setelah itu kamu bisa melakukan coffee nap sesaat sebelum melakukan kegiatan di pagi hari.

Demikian tips yang bisa disampaikan, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan para penikmat kopi! #ama/net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here