Palembang Resmi Miliki Pasar Ikan Modern

37
PERESMIAN---Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo, Gubernur Sumsel Herman Deru, dan Walikota Palembang saat meremikan Pasar Ikan Modern Palembang, Jumat (6/11/2020) lalu. (FOTO: IST)

Palembang, SumselSatu.com

Kota Palembang resmi memiliki Pasar Ikan Modern. Peresmian Pasar Ikan Modern yang terletak di Jalan MP Mangkunegara Palembang itu, dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr Edhy Prabowo MM, MBA, pada Jumat (6/11/2020) lalu.

Selain meresmikan Pasar Ikan Modern Palembang, Edhy Prabowo juga meluncurkan Program Pasar Laut Indonesia (Program Bangga Buatan Indonesia-KKP).

Edhy Prabowo mengatakan, Pasar Ikan Modern merupakan terobosan yang diharapkan menjadi tempat bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melakukan usaha secara nyaman.

Pasar Ikan Modern Palembang diharapkan menjadi jembatan perubahan bagi pedagang dan konsumen. Dia mengatakan, pihaknya akan mengawal dan mengevaluasi Pasar Ikan Modern/

“Pemerintah tidak akan sekadar membuka, tapi terus mengawal dan mengevaluasi Program Pasar Ikan Modern,” ujar Edhy.

Keberadaan Pasar Ikan Moder Palembang juga diharapkan mendekatkan hasil tangkapan ikan kepada konsumen dalam kondisi segar dan aman.

“Kita tahu masyarakat Sumatera Selatan itu makanan dasarnya selain nasi adalah ikan. Dalam setiap makanan, jajanan selalu ada ikan,” kata pria yang pernah menjabat Dirut PT Garuda Security Nusantara itu.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi terbentuknya Pasar Ikan Modern Palembang yang pertama di luar Pulau Jawa.

“Adanya pasar ini berkat perjuangan wakil-wakil kita di DPR Pusat dan Kementerian Perikanan dan Kelautan yang konsen terhadap nelayan-nelayan dan pedagang kecil dan menengah,” ujar Deru.

Kata Deru, dengan adanya Pasar Ikan Modern Palembang, masyarakat Palembang tidak bingung membeli ikan laut yang segar dengan harga terjangkau.

“Lokasinya yang bersih dan juga mudah di jangkau karena berada di tengah kota,” tambahnya.

Pada 2020, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberi bantuan kepada 126 penerima, baik pemerintah daerah dan maupun pelaku usaha perikanan di Sumsel dengan nilai total mencapai Rp43,38 miliar.

Selain itu, bantuan ini dari Eselon I KKP meliputi perlengkapan pedagang, jas freezer, peralatan pengolahan, kredit usaha yang disalurkan melalui BNI, Bank Mandiri, dan BRI serta lainnya.

Hadir pula pada peresmian itu Walikota Palembang Harnojoyo, Direktur Logistik KKP Innes Rahmania, dan undangan lainnya. #nti

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here