Pembukaan Asian Games, Palembang Gelap Gulita

122
G U L I T A – Suasana di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Palembang yang gelap gulita karena listrik padam, Sabtu (18/8/2018) malam. (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Pembukaan Asian Games 2018 menjadi momen yang ditunggu-tunggu warga Palembang. Sayang, saat acara tersebut berlangsung, Sabtu (18/8/2018) malam, Palembang malah gelap gulita karena PLN memadamkan listrik ke sejumlah wilayah Palembang.

Insiden pemdaman listrik ini hampir terjadi di sebagian besar wilayah Palembang. Di antaranya sekitar KM 5, Jalan Kasnariansyah, Jalan Sudirman, KM 8, Bukit Besar, Tangga Buntung, dan sekitar Sekip.

Rido, salah seorang warga, mengaku sangat kecewa dan kesal ketika PLN yang memadamkan listrik, apalagi saat pembukaan Asian Games berlangsung.

“Saya sangat kecewa dengan PLN.  Segala aktivitas di rumah urung. Anak -anak menangis rewel di rumah karena kepanasan dan rumah gelap gulita,” ujarnya.

Menurutnya, PLN seharusnya lebih mempersiapkan diri, apalagi di Palembang sedang ada even internasional. “Malu kita dengan warga luar,  kalau mati lampu terus,” keluhnya.

Terkait pemadaman ini,  General Manager PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (WS2JB) Daryono mengakui, ada beberapa wilayah Palembang yang kena pemadaman listrik.

“Insiden mati lampu ini sedang kami selidiki. Pemadaman listrik ini karena ada gangguan di Gardu Induk Siguntang dan Talang Ratu. Segera kami telusuri,” ucapnya semalam.

Ketika disinggung apakah pemadaman listrik di Palembang ini karena kurangnya pasokan daya,  Daryono mengungkapkan, dari sisi pasokan daya cukup. Karena daya yang disiapkan 750 MW,  sedangkan kebutuhan daya 500 MW. “Mati lampu ini karena terganggunya sistem transmisi,” katanya.

Untuk mengantisipasi kejadian pemadam listrik kembali terulang, Daryono menuturkan, pihaknya akan melakukan patroli keliling untuk meningkatkan pelayanan selama Asian Games.

“Kita sudah melakukan gladi kotor dan gladi bersih untuk mengantisipasi listrik mati saat Asian Games.  Kejadian ini di luar kendali. Kami mohon maaf,” pungkasnya.  #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here