Pemudik Harus Waspadai Jalur Ini

72
Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Selatan Nelson Firdaus. (FOTO: SS1/Mardiansyah)

Palembang, SumselSatu.com

Lebaran kian menjelang. Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel mulai memetakan kondisi jalur mudik. Hasilnya diketahui ada beberapa jalur yang harus diwaspadai pemudik karena diprediksi bakal macet.

Kepala Dishub Sumsel Nelson Firdaus usai Rapat Koordinasi Pemantauan Kesiapan Infrastruktur Jalan dan Jembatan untuk Jalur Lebaran 2018 di Ruang Rapat Setda Sumsel, Kamis (31/5), menjelaskan, pihaknya memprediksi ada beberapa ruas jalan di Provinsi Sumsel yang berpotensi terjadi kemacetan, terutama saat puncak arus mudik nanti.

Ruas jalan yang diprediksi bakal macet itu seperti di daerah Pematang Panggang, simpang Kayu Agung, Indralaya, Sukajadi, Pasir Putih, Betung, dan Sungai Lilin hingga batas Jambi. Untuk Kota Palembang sendiri diprediksi bakal lebih padat dari biasanya.

“Ini sudah kita prediksi, makanya nanti akan kita siagakan petugas kita di beberapa titik kemacetan itu,” ungkap Nelson.

Menurut Nelson, permasalahan yang bisa menimbulkan kemacetan yakni adanya pasar tumpah. Selain di persimpangan, pasar tumpah ini besar kemungkinan terjadi pada saat puncak arus mudik, karena banyak masyarakat yang akan berbelanja untuk keperluan Lebaran.

“Iya, pasar tumpah juga penyebab titik kemacetan. Maka dari itu, kami sudah siapkan petugas di lapangan menyiapkan 80 posko yang tersebar di Sumsel,” kata Nelson.

Selain itu, menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, banyak persiapan yang dilakukan Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel. Seperti yang tengah melakukan sekarang yakni berkoordinasi dengan pihak terkait guna memastikan kelancaran arus mudik.

Dishub Sumsel juga menyiapkan 12 rest area bagi pemudik yang butuh tempat beristirahat. Seperti di Jembatan Timbang, Pematang Panggang, Senawar, Merapi, dan Nibung. “12 rest area itu juga akan berdampingan dengan posko kepolisian,” ujarnya. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here