Peran Pemuda Saat Ini Mengisi Kemerdekaan

33
UMKM----Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel M Giri Ramanda N Kiemas, saat melihat stan UMKM pemuda pada acara Pemuda Pelopor PDI Perjuangan, di halaman Kantor DPRD Sumsel, Palembang, Kamis (28/10/2021). (FOTO: SS1/ANTON R FADLI)

Palembang, SumselSatu.com

Sumpah Pemuda menjadi tonggak awal berdirinya Bangsa Indonesia. Di masa sekarang, perjuangan pemuda adalah mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif membangun bangsa dan negara.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Sumatera Selatan (Sumsel) H M Giri Ramanda N Kiemas, SE, MM.

Giri menyampaikan hal itu ketika memberikan sambutan pada acara Pemuda Pelopor di halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel, di Jalan POM IX, Palembang, Kamis (28/10/2021). Kegiatan itu merupakan puncak acara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021 PDI Perjuangan Sumsel.

Kata Giri, dengan adanya Sumpah Pemuda pada 28 Oktopber 1928, para pemuda Indonesia bersatu membangun pergerakan untuk lepas dari penjajahan hingga sampai pada kemerdekaan.

“Hari ini, peran pemuda, perjuangan pemuda, adalah bagaimana mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, membangun bangsa dan negara,” ujar Giri yang juga Wakil Ketua DPRD Sumsel itu.

Ia mengatakan, salah satu contohnya, seperti para pemuda yang mengisi stan bazar di acara Pemuda Pelopor PDI Perjuangan Sumsel. Yakni, para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), pemuda pelaku ekonomi kreatif.

MELIHAT—–Giri Ramanda Kiemas saat melihat peserta lomba game Free Fire tengah bertanding.
(FOTO: SS1/ANTON R FADLI)

Pada kegiatan tersebut juga ditampilkan pertunjukan Dul Muluk. Giri mengatakan, pemuda juga memiliki peran menjaga dan melestarikan budaya bangsa.

“Budaya Palembang, seperti Dul Muluk,” kata Giri.

Pada kesempatan itu, Giri juga mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda untuk seluruh pemuda di Tanah Air. Semangat persatuan dan kesatuan menjaga Indonesia harus tetap dikobarkan.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk semua pemuda Indonesia. Mari bersatu bersama membangun Indonesia ke depan,” kata Giri.

Pada acara Pemuda Pelopor PDI Perjuangan Sumsel itu dilaksanakan lomba game Free Fire, pagelaran seni tari, Dul Muluk, dan musik. Selain itu ada pula bazar UMKM pemuda. #arf

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here