Presiden Jokowi Resmikan Tol Kayu Agung-Palembang

59
MERESMIKAN---Presiden RI Jokowi, saat meresmikan ruas Jalan Tol Kayu Agung-Palembang, di Pintu Tol Keramasan, Palembang, Selasa (26/1/2021). (FOTO: IST/DOK.HUMAS PEMPROV SUMSEL)

Palembang, SumselSatu.com

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Selasa (26/1/2021), meresmikan ruas Jalan Tol Kayu Agung-Palembang. Acara tanda dimulainya beroperasi tol tersebut dipusatkan  di Pintu Tol Keramasan, Palembang.

Peresmian ruas jalan bagian dari Tol Trans-Sumatera sepanjang 42,5 kilometer (km) itu, menyusul selesainya pembangunan. Tol Kayu Agung-Palembang bagian Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung) sepanjang 111,69 km.

Jokowi menyampaikan, Tol  Kayu Agung-Palembang merupakan poros utama dari keseluruhan jalan Tol Trans-Sumatera. Karena ruas itu telah terhubung dengan Tol Trans-Sumatera lainnya, yakni Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang sebelumnya telah diresmikan Jokowi pada 15 November 2019.

“Dengan demikian Provinsi Sumsel kini telah semakin terkoneksi dengan Provinsi Lampung dan sudah bisa digunakan masyarakat. Ini tentu dapat menghemat waktu tempuh 75 persen,” ujar Jowowi yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono, MSc, PhD, dan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Jokowi mengatakan, jika sebelumnya perjalanan menggunakan kendaraan bermotor Palembang-Pelabuhan Bakauheni, Lampung sepanjang 373 km memakan waktu sekitar 12 jam, maka saat ini dapat ditempuh dalam waktu 3,5 jam.

“Ini akan menjadi sebuah lompatan besar. Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan daya saing yang besar bagi Palembang dan Lampung,” kata Presiden.

Kata Jokowi, jalan tol itu tidak hanya dapat menghubungkan antarwilayah dan antardaerah, tetapi juga membangkitkan perekonomian di Pulau Sumatera, khususnya Sumsel. Keberadaan tol tersebut juga dapat menumbuhan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif.

“Saya titip jalan tol ini agar bisa disambungkan pada sentra ekonomi lainnya. Berikan akses penghubung yang berdampak melesatnya pertumbuhan ekonomi. Kepala daerah setempat dapat memanfaatkan kehadiran jalan tol ini dalam rangka memajukan wilayahnya masing-masing dengan melihat potensi besar pengembangan wilayah di lokasi-lokasi yang dilintasi jalan tol, seperti pertanian, perkebunan, pariwisata, hingga sentra ekonomi lainnya,” beber Jokowi.

Peresmian Tol Kayu Agung-Palembang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan dengan peninjauan jalan tol mulai dari Gerbang Tol Keramasan hingga Gerbang Tol Jakabaring, serta jembatan di atas Sungai Ogan yang menghubungkan ruas tol.

Hingga saat ini, 657 km ruas jalan Tol Trans-Sumatera telah dapat digunakan, 608 km dalam tahap konstruksi, 430 km memasuki persiapan konstruksi, dan direncanakan pembangunan untuk 1297 km lainnya. #nti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here