PSU PALI, Kader PDI Perjuangan Diminta Jaga Kamtibmas

81
H M Giri Ramanda N Kiemas, SE, MM, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel. (FOTO: SS1/IST)

PALI, SumselSatu.com

Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilukada PALI dijadwalkan dilaksanakan di empat tempat pemungutan suara (TPS) besok, Rabu (21/4/2021).

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel H Giri Ramanda N Kiemas menginstruksikan seluruh kader partai yang dipimpinnya ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta kondusifitas di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menugaskan Satgas PDI Perjuangan ke PALI guna memantau pelaksanaan PSU. Ada sedikitnya 150 orang satgas.

“Kami usung semangat gotong royong bersama rakyat PALI yang peduli dengan demokrasi dan nilai-nilai keadilan,” ujar Giri Ramanda, Senin (19/4/2021).

Wakil Ketua DPRD Sumsel itu berharap agar setiap unsur penyelenggara pemilu yang terlibat, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) PALI menciptakan PSU yang langsung, umum, bersih, jujur, dan adil.

“Perangkat-perangkat ini tentunya harapan kami, harapan kita dapat menjalankan tugasnya dengan baik tanpa menimbulkan gejolak pasca pemilihan,” kata Giri.

Ia juga meminta semua pihak terkait mendukung dan menyukseskan PSU PALI. Termasuk pihak PLN, agar benar-benar menyiagakan layanan.

“Ini juga mengantisipasi hal negatif yang bisa terjadi saat minim penerangan di tempat digelarnya PSU,” tambahnya.

Giri juga mengimbau warga PALI untuk datang kembali ke TPS yang telah ditunjuk dan memilih sesuai dengan hati nurani dan tidak berpikiran sempit memilih karena menerima materi dalam bentuk apapun dari pasangan calon.

“Tapi tanamkan dalam hati, siapa yang akan membangun PALI lebih baik ke depannya,” kata Giri.

Sebelumnya, Senin (22/3/2021), Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan agar KPU PALI melakukan PSU di empat TPS. PSU digelar karena dinilai ada pemilih memilih lebih dari satu kali dan pemalsuan daftar hadir pemilih.

PSU dilakukan di TPS 08 Desa Babat, TPS 9-10 Desa Air Itam, Kecamatan Penukal. Lalu TPS 06 Desa Tempirai, Kecamatan Penukal Utara.

Berdasarkan hasil rapat pleno KPU PALI sebelumnya, perolehan suara di TPS 06 Desa Tempirai, pasangan calon Nomor Urut 1 Devi Harianto-Darmadi Suhaimi mendapatkan 169 suara. Sedangkan Nomor Urut 2  Heri Amalindo-Soemarjono 91 suara. Tidak ada surat suara tidak sah.

Di TPS 8 Desa Babat, Devi-Darmadi mendapatkan 150 suara, dan Heri-Soemarjono 129 suara. Ada 6 suara tidak sah. Di TPS 09 Desa Air Itam, Devi-Darmadi 134 suara dan Heri-Soemarjono 221 suara. Ada dua suara tidak sah. Di TPS 10 Desa Air Itam Nomor Urut 1 mendapat 108 suara dan Nomor Urut 2 mendapat 213 suara. Tiada ada suara tidak sah. #arf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here