UIN Raden Fatah Terjunkan 1.362 Mahasiswa ke Desa-desa

110
KKN ---- Wakil Rektor I UIN Raden Fatah, Dr Ismail Sukardi, MAg secara simbolis menyerahkan mahasiswa KKN kepada pihak Pemkab PALI, Rabu (20/2/2019). (FOTO: SS1/ABI)

PALI, SumselSatu.com

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menerjunkan 1.362 mahasiswa untuk melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) reguler angkatan 70 ke desa-desa di tiga kabupaten yakni PALI, Muaraenim, dan Lahat.

Rombongan mahasiswa KKN di PALI sebanyak 599 orang, diserahkan kepada pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI, Rabu (20/2/2019), di kantor Bupati PALI.

Ketua LP2M UIN Raden Fatah, Dr Hj Syefriyeni,  MAg melaporkan, 599 mahasiswa ini akan melaksanakan KKN di 71 desa yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten PALI. Setiap kelompok mahasiswa akan dibimbing oleh 26 dosen pembimbing lapangan (DPL).

Mahasiswa KKN reguler angkatan 70 ini mengambil tema “KKN Berbasis Riset dan Pengembangan Potensi Lokal Berkarakter” dengan lama kegiatan selama 45 hari.

Rektor UIN Raden Fatah diwakili Wakil Rektor I,  Dr Ismail Sukardi, MAg menyatakan, KKN adalah bagian dari silabus dan program UIN Raden Fatah, serta salah satu syarat untuk kelulusan.

“Harapannya mahasiswa tidak hanya terpaku dengan angka kredit KKN yang berjumlah 6 SKS, dan tidak menjadi sarjana menara gading, dengan maksud tidak hanya tahu teori keilmuan tetapi juga bisa mendapatkan pengalaman terbaik,” katanya.

Ismail juga menyampaikan terimakasih kepada Pemkab PALI atas kerjasamanya mau menjadi mitra bagi UIN Raden Fatah Palembang.

Sedangkan Bupati PALI diwakili Asisten III bidang Administrasi Umum, H Ruswani, SH mengatakan, Pemerintah Kabupaten PALI sangat mendukung seluruh program KKN yang akan dijalankan mahasiwsa UIN Raden Fatah.

“Kami sangat berharap mahasiswa dapat membantu mengembangkan potensi sumber daya lokal menjadi lebih baik dan meningkatkan rasa empati yang besar bagi mahasiswa yang mengikuti KKN ini,” ujar dia.

Berikut data penyebaran 599 mahasiswa KKN di Kabupaten PALI untuk lima kecamatan, yakni untuk 17 desa di Kecamatan Tanah Abang, 20 desa di Kecamatan Talang Ubi, 13 desa di Kecamatan Penukal Utara, 13 desa di Kecamatan Penukal, dan 8 desa di Kecamatan Abab. Total ada 71 desa di Kabupaten PALI kebagian mahasiswa KKN.

Setelah di PALI, pihak UIN Raden Fatah akan menyerahkan rombongan KKN di Kabupaten Muaraenim besok, Kamis (21/2/2019), sebanyak 741 mahasiswa yang disebarkan ke 19 desa di Kecamatan Sungai Rotan, 13 desa di Kecamatan Rambang, 10 desa di Kecamatan Lembak, 7 desa di Kecamatan Kelekar, 23 desa di Kecamatan Gelumbang, dan 10 desa di Kecamatan Belida Barat. Total 82 desa.

Terakhir akan diserahkan mahasiswa KKN di Kabupaten Lahat, Jumat (22/2/2019), sebanyak 22 orang yang akan KKN di satu desa di Kecamatan Kikim Timur. #nti/abi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here