Menang Atau Makin Terpuruk

39

Palembang, Sumselsatu.com – Meski sulit, Sriwijaya FC (SFC) mematok target kemenangan saat menjamu Persipura Jayapura pada laga big match Gojek Traveloka Liga 1 Indonesi, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Minggu (30/7/2017) sore ini.

Saat ini SFC berada di posisi ke-15 klasemen sementara dengan koleksi 19 poin, hasil dari 5 kemenangan dan 4 hasil imbang, sementara Persipura Jayapura berada di posisi kedua dengan koleksi 30 poin, hasil dari 9 kemenangan dan 3 hasil imbang. 

Bicara soal pemain, kedua tim sebenarnya sama-sama diperkuat oleh para pemain papan atas. Saat ini SFC diperkuat oleh dua striker haus gol, Beto Goncalves dan Hilton Moreira. Sementara Persipura memiliki juru gedor yang juga andalan timnas senior Indonesia, Boaz Solossa. Di lini belakang, Persipura juga memiliki bek tangguh dalam diri Ricardo Salampessy.

Jelang pertandingan ini kedua tim memiliki hasil yang berbeda di pertandingan terakhir. SFC hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah, Persegres Gresik United, sedangkan Persipura Jayapura berhasil menundukkan perlawanan tim kuat, PS TNI dengan skor tipis 2-1.

Soal head to head, Persipura juga lebih unggul ketimbang SFC, karena dari empat pertemuan terakhir kedua tim, Persipura berhasil meraih 3 kemenangan dan hanya menelan satu kali kekalahan. Meskipun demikian, head to head diprediksi tidak akan terlalu mempengaruhi hasil pertandingan kali ini.

“Pertandingan hari ini sangat berat untuk kami. Ada beberapa pemain diragukan tampil, karena kondisi yang kurang fit. Kalaupun bisa turun, tidak bisa diturunkan full time,” ujar Caretaker Pelatih SFC Hartono pada sesi konferensi pers.

“Bobby Satria mendapat cedera engkel. Hampir pasti dia tidak bisa turun. Kami juga belum bisa turunkan Bio Paulin, karena dia belum betul-betul pulih seratus persen. Sedangkan Airlangga (Sucipto) dan Beto (Alberto Goncalves) juga ada sedikit masalah pada hamstringnya,” tambahnya.

Namun begitu, bukan berarti SFC bakal mengubah target menang. Momen kesempatan bermain sebagai tuan rumah, tidak akan disia-siakan SFC untuk tetap menampilkan permainan menyerang.

“Kami tetap bermain menyerang untuk mendapatkan kemenangan. Kalaupun ada apa-apa, di kondisi pemain depan, kami bisa tetap menurunkan Rizsky (Dwi Ramadhana), atau Hilton (Moreira) digeser di tengah, itu bayangan saya,” lanjut Hartono.

Pelatih asal Solo ini juga mengaku moril anak asuhnya tetap fokus dan tidak terganggu hal-hal di luar lapangan hijau.

Sebelumnya, beberapa pihak memang sempat menyebut konsentrasi para punggawa SFC
nantinya akan terpengaruh pemberitaan mengenai salah satu pemainnya, Marco Meraudje yang terlibat kasus penganiayaan
dan pemerkosaan terhadap wanita belia sepekan lalu.

“Tidak terpengaruh ke dalam tim, kami sudah seperti keluarga dan kalau ada 1 yang punya masalah, yang lainnya tetap memberikan dukungan. Apa yang dialami Marco menjadi pelajaran, tetapi mereka tetap dalam motivasi tinggi karena laga melawan Persipura ini sangat penting, menang tidak hanya berarti 3 poin tapi juiga menambah semangat tim secara
keseluruhan,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pemain senior SFC, Firdaus Ramadhan yang menyatakan seluruh pemain saat ini hanya berpikir mengamankan 3 poin atas Persipura.

“Melawan Persipura adalah laga krusial dan kemenangan wajib diraih agar bisa berangsur naik ke atas. Soal permasalahan Marco, saya pikir kami semua sudah sepakat melupakannya dan tidak mau berlarut-larut memikirkannya. Apalagi posisi SFC di klasemen tidak terlalu baik, sehingga fokus saat ini hanyalah bagaimana bisa meraih kemenangan melawan
Persipura,” tegasnya.

Sementara itu, pelatih Persipura Wanderley Junior mengatakan secara persiapan untuk menghadapi SFC, akan tetap memaksimalkan pemain paling fit untuk diturunkan. Namun dia dipastikan tak bisa menurunkan kapten tim Boaz Solossa karena akumulasi kartu, dan Ian Louis Kabes lantaran terkena cedera.

Di samping itu, dia pun tahu kondisi tim SFC saat ini terpuruk di posisi bawah, tetapi bukan berarti meremehkan. Mengingat, sesuai nama besar yang dimiliki, SFC tetap jadi salah satu tim yang harus diperhitungkan.

Laga ini sendiri akan menjadi penentu siapa yang akan menjadi juara paruh musim. Jika berhasil menang, Persipura dipastikan bakal menjadi juara paruh musim dengan menggusur Madura United yang sementara ini bertengger di posisi puncak dengan 32 poin.

“Tetapi kami datang ke sini, tetap harapan kami untuk bisa raih tiga poin. Karena kami ingin pertahankan posisi tim di klasemen sekarang,” tegas Wanderley.

“Harus main bagus, karena kami tahu mereka (SFC) juga punya pemain-pemain bagus. Yang jelas, kami harapkan pertandingan besok (hari ini) akan berjalan seru,” pungkasnya. (Ari)

Lima Pertandingan Terakhir SFC:

24/07/17 Persegres 1-1 SFC

19/07/17 SFC 2-2 Bali United

14/07/17 SFC 2-1 PS TNI

07/07/17 Arema FC 3-2 SFC

16/07/17 Persija 1-0 SFC

Lima Pertandingan Terakhir Persipura

23/07/17 Persipura 2-1 PS TNI
16/07/17 Arema FC 0-2 Persipura
12/07/17 Persipura 2-2 Perseru
08/07/17 Persija 1-1 Persipura
03/07/17 Persipura 6-0 Mitra Kukar

Head to Head :

30/10/16 Persipura 1-0 SFC
03/07/16 SFC 1-0 Persipura
27/05/13 Persipura 3-0 SFC
20/04/13 SFC 0-2 Persipura

Prediksi Line Up :

Sriwijaya FC: Paku Alam; Marco Sandy, Firdaus Ramadhan, Yanto Basna, Permana; Kurniawan, Yo Hyun-Koo, Hidayat, Nur Iskandar, Beto Goncalves, Hilton Moreira.

Persipura Jayapura: Yoo-Jae Hoon; Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Muhammad Tahir, Ruben Sanadi; Solossa, Imanuel Wanggai, Nelson Alom; Pahabol, Addison Alves, Nasadit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here