15 Tahun Menunggu, Akhirnya Palembang Miliki Layanan Jargas Rumah Tangga

31
JARGAS ---- Sekda Kota Palembang Harobin Mustofa menunjukkan instalasi jargas rumah tangga di salah satu rumah warga. (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Setelah menunggu hingga 15 tahun, akhirnya jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di Palembang diluncurkan secara resmi oleh Sekda Kota Palembang Harobin Mustofa, Sabtu (12/1/2019), di Perumahan Daerah GP Anugrah KM 7, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang.

“Ini usaha yang panjang, sebagai rasa syukur kita ajak warga di sini sekaligus sosialisasikan pemasangan jargas RT,” ujar Sekda.

Harobin menjelaskan, untuk merealisasikan jargas rumah tangga ini dibutuhkan waktu hingga 15 tahun menunggu.

“Saya rintis sejak 2005. Alhamdulillah ini sudah terpasang, masyarakat antusias. Keamanannya lebih baik  dan biaya lebih murah,” bebernya.

Pada kesempatan ini Harobin mengutarakan, di beberapa daerah yang gratis pemasangan jargas rumah tangga namun itu untuk masyarakat kurang mampu. Penjelasan ini disampaikan karena banyak masyarakat bertanya soal biaya pemasangan jargas, bayar atau gratis.

“Biaya pemasangan jargas RT ini Rp 3.524.000. Namun di SP2J bisa tiga kali bayar atau enam kali. Lebih bagus lagi kalau sekaligus bayarnya,” ujar Sekda.

Menurut Sekda, jargas rumah tangga ini merupakan program Walikota Palembang Harnojoyo agar warga Palembang bisa menikmati jaringan gas. Seperti Prabumulih yang sudah lebih dulu memiliki jargas rumah tangga.

Pemasangan jargas rumah tangga dapat dilakukan dengan ada tiga cara yakni melalui PGN, Petragas, dan SP2J. Di Palembang disiapkan pemasangan jargas untuk 1.500 titik .

“Palembang belum 15 persen. Karena masyarakat kita ada 1,8 juta harus dilayani semua.  Insya Allah 90 persen warga Palembang bisa terpasang jargas,” bebernya.

Tahun ini ditargetkan pemasangan jargas rumah tangga di sekitar 500 titik dan ada bantuan dana Rp 21 miliar untuk pemasangan jargas yang telah disetujui DPRD Palembang.

“Manfaatkanlah ini, untuk masyarakat yang kurang terjangkau, kalau mereka serius kenapa tidak. Tapi bertahap. Warga miskin nanti digratiskan,” tandasnya.

Sementara Direktur Operasional SP2J Antoni Rais mengatakan, pemasangan jargas rumah tangga ditargetkan dua bulan selesai.

“Untuk pembayarannya di kantor SP2J di Jalan Demang Lebar Daun. Nanti pembayarannya pada bulan April bisa ke Alfamart dan Indomart. Tarifnya Rp 7.125 per kubik,” jelas dia.  #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here