167 Pegawai Kanwil Kemenag Sumsel Jalani Tes Urine

31
DAFTAR HADIR ---- Para pegawai Kanwil Kemenag Sumsel mengisi daftar hadir sebelum diambil sampel urine untuk dites narkoba, Rabu (5/12/2018). (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Sebanyak 167 pegawai di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (5/12/2018), menjalani tes urine yang dilakukan Tim Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumsel.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kanwil Kemenag Sumsel ini merupakan wujud komitmen BNN dan Kemenag Sumsel dalam mewujudkan aparatur sipil negara (ASN) yang terbebas narkoba.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM Alfajri Zabidi menjelaskan, pemeriksaan dilakukan terhadap seluruh pegawai Kanwil Kemenag, baik para pejabat, staf, maupun pegawai honorer. Hal ini dilakukan untuk memastikan para pegawai Kanwil Kemenag Sumsel tidak ada yang terindikasi narkoba.

“Sebagai aparatur Kementerian Agama, kita harus menjadi contoh. Jadi, jangan sampai ada pegawai Kemenag yang mengonsumsi narkoba. Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab kami sebagai pimpinan,” tegas Fajri.

Ketua Tim Pemeriksaan Tes Urine dari BNN Sumsel Dempi Hariani menuturkan, pemeriksaan ini merupakan amanah dari UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2018-2019. Semangat yang dibangun melalui kegiatan ini adalah pembinaan.

“Bagi bapak dan ibu yang dalam beberapa hari ini mengonsumsi obat, agar kiranya dapat menyampaikan kepada kami. Selain itu, andaikata ada pegawai yang terindikasi narkoba, tidak otomatis langsung kita bawa. Namun akan kita lakukan pembinaan dengan cara rehabilitasi, itupun melalui rawat jalan. Sebab kalau rawat inap butuh waktu sampai enam bulan,” ujar dia. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here