2018, Jalan Rusak di Sepucuk Diperbaiki

79
TINJAU JALAN---Bupati OKI saat meninjau pembangunan Jalan Sepucuk.

Kayu Agung, SumselSatu.com

Kepala Dinas PU Tata Ruang Kabupaten OKI Ir H Hafidz mengatakan, akan memperbaiki ruas Jalan Sepucuk yang mengalami kerusakan karena terendam banjir. Perbaikan jalan sepanjang 400 meter itu sudah dianggarkan pada APB OKI 2018.

“Dengan APBD 2017 Rp2,2 triliun, Pemkab OKI harus memaksimalkan penyerapan anggaran untuk membangun wilayah yang memiliki luas 19.023,47 km2. Khusus soal jalan, panjang jalan di Kabupaten OKI yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten mencapai 112 ruas dengan total panjang mencapai 1.538.869 km. Setidaknya dana yang dibutuhkan untuk pembangunan, perbaikan, peningkatan mutu jalan mencapai Rp800 miliar per tahun,” kata Hafidz.

Menurutnya, membangun jalan di lahan gambut membutuhkan biaya lebih besar. Karena pemadatan dan pengerasan struktur jalan menjadi permasalahan utama dan biayanya tinggi. Dia mencotohkan ruas jalan Kayu Agung-Sepucuk yang dibangun sejak tahun 2013 membutuhkan dana hingga ratusan milyar untuk mengejar kualitas jalan dengan konstur cor beton.

“Dari 2013 sudah kita mulai, hingga 2017 ini menyisakan 11km lagi dari total panjang 37km kita harap di tahun ini tuntas. Saya merinci per satu kilometer membangun jalan di lahan gambut membutuhkan dana tidak kurang dari Rp5 miliar. Untuk itu pihaknya melakukan upaya perbaikan jalan di OKI secara bertahap dan per zona untuk meningkatkan kualitas jalan,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati OKI H Iskandar mengatakan, saat ini pemerintah sudah membentuk Satgas Penanggulangan Kerusakan Jalan yang memiliki tugas utama menanggulangi kerusakan. Untuk jalan di wilayah Kabupaten OKI akan melibatkan berbagai perusahaan yang beroperasi di OKI. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here