2018, Jembatan Musi VI Sudah Bisa Dilalui

155
Jembatan Musi VI

Palembang, SumselSatu.com

Pemprov Sumatra Selatan mempercepat pengerjaan proyek Jembatan Musi VI yang merupakan salah satu infrastruktur pendukung Asian Games pada 2018. Ditargetkan, jembatan sepanjang 350 meter yang memakan anggaran cukup besar yakni Rp344,32 miliar, sudah bisa beroperasional pada tahun 2018.

“Untuk tahap I ditargetkan selesai pada tahun 2017. Sementara tahap II akan dirampungkan pada tahun 2018 sehingga secara keseluruhan bisa berfungsi pada saat pelaksanaan Asian Games 2018,” kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada rapat paripurna DPRD Sumsel, Selasa (19/9/2017).

Alex mengatakan, Jembatan Musi VI memang dibuat untuk mengatasi kemacetan berlalulintas dan menjadi akses penghubung dari Seberang Ilir ke Seberang Ulu.

“Jembatan Musi VI menggunakan sistim tahun jamak dengan anggaran bertahap. Karena itu, kita berharap pelaksanaaan pembangunan berlangsung efektif dan selesai tepat waktu,” jelas Alex.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Ucok Hidayat mengatakan, pihaknya menargetkan pengerjaan bisa mencapai 80% secara keseluruhan pada akhir tahun ini. Menurut Ucok, Jembatan Musi VI itu sudah harus selesai dan bisa dioperasionalkan pada pertengahan 2018.

“Untuk pengerjaan di lapangan saat ini sudah masuk pada pemasangan kerangka atas dan pelaksanaan pembangunan untuk tiang pilar jembatan di awal dan ujung jembatan,” paparnya.

Jembatan Musi VI menghubungkan Jl Sultan M Mansyur melalui Jl Pangeran Sido Ing Lautan, menyeberang ke Jl Faqih Usman 2 Ulu hingga Jl KH Wahid Hasyim Kecamatan SU 1. Lebar lajur 3,5 meter, bahu jalan 0,7 meter dan trotoar 1,5 meter untuk masing-masing . Sehingga total lebar jembatan 11,5 meter. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here