274 Lulusan Poltekpar Palembang Ikuti Wisuda

55
WISUDA----Suasana Sidang Terbuka Senat Politeknik Palembang Wisuda I Program Diploma IV dan Diploma III Angkatan 2016 & 2017, di Gedung Rektorat Poltekpar Palembang, di Pusat Olahraga Jakabaring, Palembang, Selasa (27/10/2020). (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Sebanyak 274 orang lulusan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, Selasa (27/10/2020), mengikuti wisuda di Gedung Rektorat Poltekpar Palembang, di Pusat Olahraga Jakabaring, Palembang.

Wisuda dilakukan serentak melalui sambungan video dengan enam Poltekpar Negeri lainnya di Tanah Air. Pengukuhan wisudawan terbaik dari masing-masing Poltekpar dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dari Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta.

Direktur Poltekpar Palembang Dr Zulkifli Harahap, MMPar, CHE, bersyukur kepada Allah SWT dan berterimakasih kepada pemangku kepentingan yang terus mendukung Poltekpar Palembang, sehingga pihaknya bisa mencetak sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang bisa disandingkan dengan SDM-SDM yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.

Dia mengatakan, masih banyak tantangan dan pekerjaan rumah (PR) yang harus dihadapi dan dikerjakan.  Pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas para dosen dan program program yang akan diberikan ke mahasiswa.

“Kami sebagai institusi pendidikan di bawah Kemenparekraf, telah mendapatkan akreditasi dari Badan  Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan Akreditasi Baik, dan mudah-mudahan di Tahun 2021 kami terus mengupayakan untuk bisa mendapat akreditasi tingkat internasional,” kata Zulkifli.

“Sehingga kalau kami bisa mendapatkannya (akreditasi tingkat internasional-red), artinya Poltekpar Palembang yang ada di Sumsel bisa berbicara di level yang lebih tinggi lagi, yakni tingkat dunia,” tambahnya.

Tahun ini, Poltekpar Palembang baru memasuki Kwartal Ke-IV. Pihaknya telah merekrut 20 lulusan untuk menjadi instruktur di kampus.

“Tahun depan akan kami beri beasiswa S2, sehingga harapan-harapannya nanti mereka bisa menjadi dosen berkualitas di kampus dengan lebih maksimal lagi,” kata Zulkifli.

Saat ini sedang dibangun hotel dengan kapasitas 110 kamar yang akan menjadi laboratorium praktek mahasiswa Poltekpar Palembang.

Pihaknya juga sudah memiliki wadah untuk para alumni, yakni Ikatan Alumni Poltekpar Palembang. Poltekpar Palembang telah mengusulkan dua program terbaru, yakni Program Sportilizer (Sarjana Terapan/DIV) dan Program Managemen Patiseri (D III)

“Program untuk saat ini ada empat program yakni untuk Sarjana Terapan (DIV) Program Pengelolaan Konvensi dan Acara, D III Program Studi Seni Kuliner, Program Divisi Kamar dan Program Tata Hidang.

Pada 2020 ini, nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,66 diraih Rika Corolina dari Program Studi Tata Hidang.

Poltekpar Palembang merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang kepariwisataan di lingkungan Kementerian Pariwisata, yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan bertanggungjawab kepada menteri melalui Deputi Bidang Pengembangan Industri Kelembagaan Kepariwisataan. Poltekpar Palembang berkedudukan di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Poltekpar Palembang ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 4 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Pariwisata Palembang tanggal 27 April 2016. Dies Natalis Poltekpar Palembang ditetapkan setiap 27 April. #nti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here