30 Persen Lulusan SDN 93 Masuk Sekolah Unggulan

360
Kepala Sekolah SD Negeri 93 Palembang melepas siswa kelas VI pada acara kelulusan di Gedung Sehati, Palembang, Senin (22/5/2017).

Palembang, Sumselsatu.com – Memasuki tahun ajaran 2017, para siswa berebut untuk masuk di sekolah unggulan dengan tujuan agar mampu mendapatkan pembelajaran secara maksimal. Tak hanya terjadi di jenjang SD, SMP, SMA bahkan hingga perguruan tinggi. Seperti SD Negeri 93 Palembang, di mana 30 persen lulusannya berhasil masuk jalur Penusuran Minat dan Bakat (PMDK) atau sering disebut jalur undangan.

“Jadi, tahun ini melepas 110 siswa. Dan 30 persen di antaranya lulusan kita masuk sekolah unggulan,” ujar Kepala Sekolah SD Negeri 93 Palembang Iriani, SPd, di sela-sela pelepasan siswa kelas VI di Gedung Sehati, Palembang, Senin (22/5/2017).

Dia menambahkan, pihhaknya terus meningkatkan upaya agar lulusan semakin banyak yang masuk di sekolah unggulan. Salah satu caranya adalah dengan peningkatan ekstrakurikuller dan kualitas pendidikan karakter. Hal ini cukup menjadi alasan, karena untuk masuk dalam sekolah unggulan jalur undangan siswa, tak hanya sekadar cerdas akan tetapi juga memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.

“Misalnya siswa kita ada yang juara silat O2SN, juara dai cilik dan lainnya. Tentu ini menjadi barometer dan nilai plus bagi mereka,” terangnya.

Oleh karena itu, pihak sekolah akan mengupayakan peluncuran program pendidikan karakter dalam waktu dekat.  Ini dilakukan karena pendidikan TPA sangat mendesak bagi siswa sebagai kecerdasan spiritual.

Iriani menjelaskan bahwa dengan dilepasnya 110 siswa lulusan artinya sekolah juga melakukan penerimaan siswa baru melalui jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Artinya kalau dilepas 110 yang diterima juga sekitar itu. Dan itu sudah kita mulai terima pendaftarannya,” terangnya.

Foto Bersama

Sementara itu, M Reza Anugrah salah satu siswa yang dilepas dan berhasil masuk di sekolah unggulan di salah satu SMP Negeri Palembang mengatakan bahwa dirinya aktif di kegiatan ekstrakurikuller. Apalagi, ia juga juga hobi akting dan nilai koginitifnya cukup membanggakan.

“Bisa lulus dan masuk sekolah unggulan mudah-mudahan bisa terus sekolah sampai dapat cita-cita,” tutur siswa yang ingin jadi Pilot ini. (ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here