ACT Galang Dana Untuk Warga Rohingya di Aceh

19
SOLIDARITAS--------Aktivis ACT Sumsel saat menggelar aksi solidaritas bertajuk ‘Wong Kito Peduli Rohingya’, di Simpang Polda, Palembang, Selasa (30/6/2020). (FOTO: IST/DOK.ACT SUMSEL)

Palembang, SumselSatu.com

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar aksi solidaritas bertajuk ‘Wong Kito Peduli Rohingya’.

Lembaga kemanusiaan nirlaba itu mengajak masyarakat Palembang membantu warga Rohingya yang terdampar di Aceh.

“Aksi yang dilakukan hari ini menjadi salah satu bentuk solidaritas untuk muslim Rohingya, kami berharap ini dapat menggerakkan hati masyarakat untuk saling peduli dan membantu saudara sesama muslim”, ujar Kepala Cabang ACT Sumsel Deni Marlesi, Selasa (30/6/2020).

Deni mengatakan, aksi solidaritas di Palembang akan dilakukan selama sepekan.

“Untuk memberikan dukungan terhadap saudara muslim Rohingya, baik melalui aksi galang dana maupun social movement,” katanya.

Deni menyampaikan, sejak 2012, ACT telah hadir untuk membantu pengungsi Rohingya. Pada 2015 ratusan pengungsi Rohingya terdampar di Aceh Utara. ACT juga hadir langsung di Bangladesh saat eksodus besar-besaran etnis Rohingya pada 2017 dengan memberikan sejumlah bantuan kemanusiaan, mulai dari pangan, beaguru hingga tempat tinggal atau shelter.

Beberapa hari yang lalu Indonesia dihebohkan oleh kapal yang terombang-ambing di perairan Aceh Utara, membawa sebanyak 99 warga etnis Rohingya. Mereka diduga terkatung-katung di laut setelah kapal yang mereka tumpangi rusak. Para nelayan Aceh pun dengan sigap menyelamatkan puluhan pengungsi tersebut. Merespons hal itu, ACT menyediakan dapur umum, mengirimkan bantuan kemanusiaan, hingga mengadakan kegiatan trauma healing. #nti

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here