Para Tokoh Agama di Sumsel Berkomitmen Jaga Kerukunan

36
TEMBAKAN ----- Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Kakanwil Kemenag Sumsel HM Alfajri Zabidi melepas tembakan sebagai dimulai start jalan sehat kerukunan, Minggu (6/1/2019). (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Kerukunan di antara keanekaragaman sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah bangsa. Para tokoh agama di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pun sama-sama berkomitmen untuk menjaga kerukunan tersebut.

Hal itu ditunjukkan dengan adanya penandatanganan komitmen kerukunan Sumsel, Minggu (6/1/2019), sebelum dimulainya kegiatan jalan sehat kerukunan memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-73 Kemenag oleh Kemenag Sumsel.

Penandatanganan komitmen itu dilakukan oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Ketua DPRD Sumsel HM A Gantada, perwakilan Kodam II/Sriwijaya, perwakilan Polda Sumsel, serta tokoh agama Islam, tokoh agama Kristen, tokoh agama Katholik, tokoh agama Budha, dan tokoh agama Hindu.

Dalam komitmen tersebut, ada tujuh poin yang disepakati. Pertama, bersepakat menjaga kerukunan dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kedua, membangun dialog antartokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda dengan mengedepankan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat demi terciptanya kerukunan dan kedamaian.

Ketiga, membangun kesadaran umat beragama untuk menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing. Keempat, senantiasa menciptakan suasana damai dan menghargai perbedaan dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan RI. Kelima, sepakat menolak semua bentuk provokasi yang dapat mengancam serta menimbulkan perpecahan di masyarakat. Keenam, berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan, serta mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di tahun politik ini. Ketujuh, berkomitmen bersama-sama melawan dan menolak hoaks.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi adanya penandatanganan komitmen kerukunan Sumsel. “Sumsel dikenal zero konflik. Mari kita pertahankan itu, ” ujarnya.

Herman Deru juga menilai acara jalan sehat yang digelar Kemenag Sumsel ini sangat luar biasa.   Karena warga Kemenag dan masyarakat sangat antusias mengikutinya. “Ini hebat, ini luar biasa,” katanya.

Kegiatan jalan sehat kerukunan ini berlangsung amat meriah dikuti sekitar 25 ribu peserta yang dilepas oleg Gubernur Herman Deru.

Jalan sehat dimulai sekitar pukul 07.00 dengan rute start di Kanwil Kemenag Sumsel menuju Jalan Kapten A Rivai masuk ke Jalan Jenderal Sudirman, lalu ke Jalan Mayor Santoso, terus ke Jalan Dwikora II, Dwikora I, masuk ke Jalan Kolonel Dr HM Rasyid, dan finish di depan Kanwil Kemenag Sumsel.

Setelah finish, para peserta menikmati hiburan yang disuguhkan artis dangdut Ika DA (Dangdut Academy), yang sengaja didatangkan untuk memeriahkan kegiatan ini.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM Alfajri Zabidi mengaku sangat gembira dengan antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan ini. Juga peran serta dari keluarga besar Kemenag Sumsel dan stakeholder yang turut menyumbangkan berbagai hadiah.

“Ada total 190 hadiah yang kita bagikan. Antara lain lima buah sepeda motor, 29 buah kulkas, dua set kursi jati, satu jam hias jati, empat buah televisi, 25 buah sepeda, 14 dispenser, seekor burung beserta sangkarnya, 33 kompor gas, 18 kipas angin, ditambah lagi beberapa magic com, blender, alat pel, setrika, lampu emergency, termos, pemanggang, panci, wadah air mium, dan wadah sendok. Mudah-mudahan para peserta merasa terhibur dan kita semua gembira dengan kegiatan ini,” pungkasnya.  #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here