Akhir Juli, Tugu Belido Dipasang di Plaza BKB

176

Palembang, Sumselsatu.com – Setelah Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, Tugu Belido akan didatangkan dan langsung dipasang di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

“Pemasangn Tugu Belido memang mengalami keterlambatan. Tugu Belido akan didatangkan pada H+14 lebaran dan langsung dipasang pada pondasi yang sudah dipersiapkan di plaza BKB. Target keseluruhan pemasangan selesai pada akhir Juli,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Tegoeh, Kamis (15/6/2017).

Diakuinya, pemasangan Tugu Belido memang mengalami keterlambatan dari target semula sebelum lebaran. Keterlambatan terjadi karena masih menunggu lempengan tembaga yang didatangkan dari luar negeri.

“Sekarang proses penyelesaiannya masih on progress di Boyolali. Kami tidak ingin memaksakan pemasangannya karena kalau buru-buru hasilnya tidak bagus,” jelasnya.

Dia menambahkan, akan memastikan keamanan agar Tugu Belido yang terbuat dari perak dan tembaga saat diangkut tidak rusak. Nantinya, patung seberat dua ton akan diangkut menggunakan tronton.

“Mekanisme pengangkutan akan kita lakukan dengan baik, jangan sampai rusak. Namun kemungkinan pengangkutannya tidak hanya satu truk tronton karena ada bagian patung tersebut ada yang bisa dibongkar pasang, nanti akan dipasang saat tiba di Palembang,” tegasnya.

“Setelah semua bagian Tugu Belido dipasang baru akan diresmikan pada 13 Agustus, termasuk mengundang Menteri Pariwisata,” tegasnya.

Untuk diketahui, Tugu Belido memiliki tinggi 12 meter dan panjang Rp22 meter. Untuk pembangunannya menggunakan dana CSR dari PT Bukit Asam (PTBA) sebesar Rp3,4 miliar. Nantinya, mulut ikan belido akan mengeluarkan air ke arah Sungai Musi sejauh 50 meter. (Mir)

Prakiraan desain patung Ikan Belida

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here