Hentikan Laju Macan Kemayoran!

61
Persija kontra Sriwijaya FC

Cikarang, Sumselsatu.com – Tugas berat akan dihadapi Sriwijaya FC (SFC) pada pekan ke-11 kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 saat melawan Persija Jakarta di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (16/6/2017) pukul 20.30 WIB malam ini.

Pasalnya, lawan yang bakal dihadapi sedang dalam laju positif. Ya, skuad Macan Kemayoran, pada tiga laga terakhir selalu meraih poin sempurna. Tim asuhan Stefano Cugurra menang 2-0 atas Arema FC (2/6) dan PS TNI (8/6), lalu memborong tiga gol tanpa balas ke gawang Perseru Serui (13/6/2017).

Toh, bukan berarti SFC lawan yang mudah untuk ditaklukkan. Bagi Persija, Laskar Wong Kito bukanlah lawan yang mudah. Tim ini punya kemampuan olah bola dan fisik yang lebih bagus dibandingkan Persija.

Bahkan jika melihat catatan pertemuan, Persija sering ditaklukkan oleh Sriwijaya.

Musim lalu SFC berhasil menang WO dari Persija. Semua bermula ketika suporter Persija, The Jakmania membuat kerusuhan pada menit ke 80.

Laga harus dihentikan ketika Sriwijaya masih unggul 1-0, sebelum kemudian Komdis memberi kemenangan WO kepada Sriwijaya. Selain itu, pada pertandingan malam nanti laga juga digelar tanpa penonton menyusul saksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin PSSI. Jelas ini menjadi keuntungan karena Alberto Goncalves dkk tidak harus menghadapi ‘teror’ dari puluhan ribu Jakmania.

“Kami optimistis bisa menghentikan tren positif Persija saat ini, walaupun performa tim Macan Kemayoran saat ini sedang meningkat. Kami sudah melihat apa yang sudah ditunjukkan mereka di tiga pertandingan terakhir, maka semua bisa menilai bahwa Persija sebuah tim yang sangat bagus, tentu kami harus mewaspadainya,” ujar Asisten Pelatih SFC Hartono Ruslan pada sesi konferesi pers.

Dijelaskan Hartono, para pemainnya akan fokus dalam menyerang dan bertahan, karena Persija mempunyai pemain berkualitas. Artinya, SFC akan memperkuat pertahanan baru bisa memberikan serangan balik.

“Kami memang ingin menang di Bekasi dan tidak akan bermain negatif. Namun, fokus utama Sriwijaya FC nantinya adalah bertahan lebih dulu. Meski di laga terakhir tak disiarkan, di dua pertandingan sebelumnya Persija sangat dominan mengontrol pertandingan, hal ini tidak boleh terjadi nanti,” kata Hartono.

Berbicara lini depan, menurutnya Persija sangat tajam karena sudah menyarangkan tujuh gol di tiga laga terakhir. Selain itu, Persija juga memiliki duo Brasil Bruno Alves dan Luis Junior yang saling melengkapi.

Persija vs Sriwijaya FC

Menurut dia, Bruno Lopes lebih cenderung sebagai seorang petarung, sedangkan Luis Junior punya kualitas teknik individu yang sangat baik.

“Kami akan berusaha memecahkan catatan clean sheet Persija pada tiga laga terakhir yang membawanya sebagai tim paling sedikit kebobolan musim ini, dengan hanya kemasukan lima gol dari 10 laga yang sudah dimainkan,” pungkasnya.

Sementara bek tangguh SFC Firdaus Ramadhan mengaku tidak sabar bertemu dengan bek kiri Persija Rezaldi Hehanusa. Firdaus dan Rezaldi memang bersahabat. Kedekatan di antara keduanya terjalin karena sama-sama berdomisili di Ciputat, Tangerang Selatan.

Mantan pemain Persita Tangerang itu pun memuji pemain yang akrab disapa Bule tersebut. Pujian itu diberikan Firdaus setelah melihat perkembangan Bule yang kini menjelma menjadi pemain penting bagi Persija Jakarta dan Timnas Indonesia U-22.

“Saya pikir dia layak masuk ke timnas karena selama ini sudah bekerja keras di Persija. Kepercayaan penuh yang diberikan (Stefano)Teco kepadanya mampu dimanfaatkan dengan maksimal,” ucapnya.

Terpisah, Pelatih Persija Stefano Cugurra lebih menyoroti minimnya waktu istirahat anak asuhnya. Meski begitu, dia akan melakukan adaptasi untuk mengatasi persoalan itu.

“Sriwijaya punya waktu istirahat dan persiapan yang lebih bagus sekarang. Tidak ada masalah, kami masih punya dua hari recovery untuk cari tahu siapa yang cedera siapa yang capek,” kata pelatih yang akrab disapa Teco.  (Ari)

 

Prakiraan Formasi
Persija (3-5-2)

Andritany Ardhiyasa (PG), Ismed Sofyan, William Pacheco, Maman Abdurrahman (B), Rohit Chand, Rezaldi Hehanusa, Hargianto, Sandi Sute Abrizal Umanailo (T), Bruno Lopes, Luis Junior (D)

Sriwijaya FC (4-2-3-1)

Teja Paku Alam (K), Indra Permana, Yanto Basna, Bobby Satria, Zalnando (B), Yoo Hyun Koo, Ichsan Kurniawan, Maldini Pali, Tijani Belaid, Rizky Dwi Ramadhana (T), Hilton Moreira, Alberto Goncalves (D).

Rekor Pertemuan
25/11/15 Sriwijaya 0 – 1 Persija
31/08/15 Persija BATAL Sriwijaya
29/07/15 Sriwijaya BATAL Persija
18/01/15 Persija 0 – 1 Sriwijaya
08/06/14 Sriwijaya 3 – 1 Persija

5 Pertandingan Terakhir Persija
13/05/16 Persija 2 – 1 Persela
22/05/16 Perseru 0 – 0 Persija
29/05/16 Barito 1 – 0 Persija
10/06/16 Persija 1 – 0 PS TNI
19/06/16 Arema 1 – 0 Persija

5 Pertandingan Terakhir SFC
15/05/16 SFC 5 – 0 Madura United
22/05/16 Bhayangkara 0 – 1 SFC
29/05/16 SFC 0 – 0 Mitra Kukar
12/06/16 Gresik United 2 – 1 SFC
18/06/16 SFC 1 – 0 PSM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here