Bawaslu Sumsel Tambah Dua Komisioner

90
TAMBAH ANGGOTA---Rapat pleno perdana di kantor Gakumdu, Palembang, Senin (23/4/2018). (FOTO : SS1/Yanti)

Palembang, SumselSatu.com

Badan Pengawas Pemilu  (Bawaslu) RI menambah dua anggota Bawaslu untuk Provinsi Sumsel  yang sebelumnya tiga orang menjadi lima orang. Penambahan jumlah anggota Bawaslu provinsi berdasarkan jumlah penduduk dan terdapat dalam UU Nomor 7 Tahun 2017.

Proses penyeleksian terhadap calon Anggota Bawaslu  Sumsel ini  bersama  27  Provinsi di Indonesia yang juga menambah dua orang anggota Bawaslu.

Kemudian Bawaslu RI sudah membentuk tim seleksi penambahan anggota Bawaslu provinsi Sumsel, yaitu Ketua Prof Dr Kasinyo Harto, Sekretaris Dr Muhammad Adil, MA, dan Dr Ulia Kencana, Dr Yetti Oktotarina serta Mudji Kartika Rahayu sebagai anggota.

Tim seleksi anggota Bawaslu Provinsi, Prof dr Kasinyo Harto mengatakan , pihaknya mulai mengagendakan beberapa hal mengenai persiapan pemilihan anggota Bawaslu.

“Kemarin kita sudah mendapatkan pembekalan, penyerahan SK dan hari ini kami rapat perdana menyepakati pleno tadi, ketua dan sekretaris dan kami segera menyusun langkah-langkah untuk memulai penjaringan,” ujarnya usai  rapat pleno perdana di kantor Gakumdu, Palembang, Senin (23/4/2018).

Kasinyo menjelaskan, pada prinsipnya jadwal-jadwal kegiatan sampai nantinya terpilih penjaringan dari calon Bawaslu  sudah selesai  dan ini mempermudah pihaknya sebagai tim mengikuti guide line, time line yang sudah di sepakati oleh Bawaslu RI.

“Persyaratan memang  relatif banyak dan bisa dilihat di website Bawaslu Provinsi Sumsel. Kita juga akan mendesiminasi rekrutmen Bawaslu  ini secara cepat. Insya Allah agar semuanya bisa mengakses.

Kita akan lakukan sosialisasi ke berbagai media massa baik lokal daerah dan lokal Palembang. Kami juga akan bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi menyebarkan informasi ini, karena yang akan kita saring ini betu-betul orang benar-benar qualified dalam bidangnya,” bebernya.

Kasinyo mengungkapkan, untuk tanggal pendaftaran di mulai tanggal 25 April -29 April 2018. Pengumuman yang lulus 3-13 Juli 2018. “Pelantikan Bawaslu Provinsi 16 Juli 2018,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Sumsel Iriadi MS menambahkan,  saat ini pihaknya melakukan rapat dengan tim sel anggota Bawaslu Sumsel tambahan untuk pengumuman bahwa Sumsel akan melakukan penambahan dua orang anggota Bawaslu Provinsi.

“Kita harapkan seluruh anggota masyarakat Sumsel agar ramai-ramai mendaftar sebagai calon anggota Bawaslu Sumsel. Kita butuh dua komisioner, kita butuhkan dari timsel ini sekitar 4 orang sebagai calon anggota Bawaslu Sumsel sehingga akan di test Jakarta,” bebernya.

Iriadi menuturkan, yang terpilih nanti adalah orang-orang yang cinta pemilu dan independen dan integritas tinggi dan tidak bisa dipatahkan oleh  siapapun juga dalam menghadapi pesta demokrasi terutama Pemilukada serentak dan pemilu 2019 dan  Pilpres 2019.

“Timselnya ada lima orang , pak Adil dari UIN Raden Fatah Palembang, Prof dr Kasinyo Harto dari UIN Raden Fatah, Palembang, ibu Yetti dari Unbara Baturaja, Dr Ulia Kencana dari UIN Raden Fatah Palembang total ada lima orang timsel, satu orang dari pakar hukum dari Jakarta izin tidak hadir,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here