Berikan Indukan Koi, Giri Berharap Peternak Makin Berdaya

211
IKAN KOI------Presiden ZNA Chapter Palembang H M Giri Ramanda N Kiemas saat memberikan indukan Ikan Koi kepada peternak ikan di Kota Palembang, Sabtu (27/1/2018). (FOTO: SS1/ANTON R FADLI)

Palembang, SumselSatu.com

Presiden ZNA Chapter Palembang H M Giri Ramanda N Kiemas memberikan indukan Ikan Koi kepada sejumlah peternak ikan di Kota Palembang. Giri berharap para penghobi Ikan Koi maupun peternak ikan yang tergabung dalam komunitas Zen Nippon Airinkai (ZNA) Cabang Palembang akan tumbuh dan berkembang serta berdaya. Memiliki daya saing kuantitas serta kualitas koi di pasar ikan ataupun saat kontes dan lomba.

Dengan semakin tumbuh dan berkembangnya peternakan dan penjualan Ikan Koi, kata Giri, maka akan berdampak pula pada perekonomian di Sumatera Selatan.

“Yang pasti, melalui pembinaan dan pemberdayaan ini, kita berharap para peternak, penjual ikan serta pihak-pihak terkait lainnya, misal penjual pakan ikan, penjual akuarium, pembuat kolam, dan sebagainya itu, dapat semakin meningkat perekonomiannya. Pada akhirnya, kesejahteraan masyarakatlah yang ingin kita capai,” ujar Giri kepada SumselSatu, setelah memberikan bantuan indukan Ikan Koi di Palembang, Sabtu (27/1/2018).

Giri yang mengaku sudah lama hobi memelihara koi itu menginginkan, ZNA Chapter Palembang tidak hanya booming sesaat. Jangan sampai ketika sedang musim koi ramai, tetapi setelah itu mati suri.

Giri menekankan pentingnya pembinaan secara terus menerus, pemberdayaan masyarakat, khususnya mereka yang tergabung dalam komunitas ZNA Palembang.

“Akan menjadi sia-sia bantuan indukan koi yang saya berikan ini apabila tidak ada upaya untuk mengembangkannya. Baik terkait jumlah ikan, corak ikan, ukuran ikan, serta hal lainnya yang terkait,” kata pria yang akan mengikuti Pemilukada Sumsel 2018 itu.

Sebelumnya, di hadapan peternak ikan dan pencinta koi, pria yang kini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Sumsel tersebut mengatakan, komunitas ZNA Palembang dapat terus berkembang.

“Ikan bagus-bagus, bisa menang di kontes dan kompetisi, organisasi bisa berjalan terus, koi bisa rame di Palembang maupun Sumsel,” kata Giri.

Sebenarnya, kata Giri, Palembang ataupun Sumsel yang memiliki banyak aliran sungai maupun anak sungai, menjadi tempat yang tepat untuk mengembangbiakan atau berternak ikan.

“Saya tidak bisa membayangkan jika anak-anak sungai di Kota Palembang ini airnya bersih dan di sana ada pengembangbiakan Ikan Koi,” kata Giri.

Wakil Bendahara ZNA Chapter Palembang Andrew Steven memberikan pujian kepada Giri Ramanda Kiemas yang bersedia memimpin ZNA Palembang.

“Di tengah kesibukan Beliau (Giri-red), Beliau mau memberikan motivasi kepada pencinta koi maupun peternak ikan di Sumatera Selatan, khususnya di Kota Palembang ini,” ujar Andrew.

Dia mengatakan, ZNA Palembang adalah wadah berkumpulnya orang-orang yang memiliki hobi memelihara Ikan Koi. Namun, bukan saja hanya soal memelihara, tetapi juga bagaimana mengembangkan koi maupun anggota komunitas.

“Misal, bagaimana mengetahui koi yang memiliki genetik bagus, melahirkan anakan koi yang bagus, bagaimana tekniknya,” kata Andrew.

Andrew juga berharap, kehadiran ZNA Palembang akan membawa manfaat besar bagi anggota komunitas dan pelaku-pelaku usaha yang terkait dengan pengembangbiakan koi. #arf     

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here