Digitalisasi Uji Kendaraan Minimalisir Laka Lantas

78
LIHAT---Kadishub Mura, Adi Winata (dua dari kanan) melihat proses pengujian kendaraan bermotor digitalisasi saat launching UPT pengujian kendaraan bermotot Dishub Mura.

Musi Rawas, SumselSatu.com 

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Musi Rawas (Mura) membuka Unit Pelaksana Teknis (UPT) pengujian kendaraan bermotor. Sehingga, sistem digitalisasi ini mampu meminimalisir kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Mura, Adi Winata mengatakan dibukanya UPT pengujian kendaraan bermotor merupakan inovasi Dishub Mura. Karena, peralatan yang ada menggunakan sistem komputerisasi, canggih, terintegrasi dan online.

Bahkan, kalibrasi pengujian alat ini merupakan bagian pelayanan yang sangat baik ke masyarakat untuk menentukan keakurasian alat pengujian kendaraan. Bila alat pengujian tidak memiliki akurasi yang baik maka berdampak juga untuk uji kelayakan di jalan.

“Pengujian juga dapat dilakukan di mana saja. Karena sistem yang ada menggunakan sistem online. Data base pemeriksaan tersimpan dan bisa diketahui,” jelas Kadishub Mura, Adi Winata saat melaunching digitalisasi kendaraan bermotor di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Mura di Komplek Agropolitan Center, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya, dengan adanya peralatan ini tentunya sudah terakreditasi untuk pengujian kendaraan bermotor. Diharapkan pemilik kendaraan dapat menfaatkan UPT pengujian kendaraan bermotor ini untuk memeriksa kendaraan yang digunakan. Sehingga, kendaraan tersebut bisa diketahui apakah benar-benar memenuhi standar yang ditentukan. Khususnya kendaraan mengangkut penumpang.

“Dengan dilakukan pemeriksaan dengan sistem digitalisasi sebagai bentuk meminimalisir laka lantas. Karena diketahui jelas kondisi kendaraan tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Kapolres Mura, AKBP Pambudi, SIK, melalui Kasat Lantas AKP Budi Hartono Sutrisno, SIK, diwakilkan KBO Lantas, Iptu Madroji mengatakan pengujian kendaraan penting dilakukan karena meningkatkan keselamatan di jalan raya. Sebab, kendaraan menjadi faktor penting meminimalisir laka lantas.

“Kita juga harapkan pengujian benar-benar dilakukan. Dan peralatan digitalisasi tersebut dapat menghapus adanya pungutan liar (pungli) serta meningkatkan kesadaran pemilik kendaraan memeriksakan kendaraan secara berkala,” pungkasnya. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here