Dinas Pertanian OKU Kembangkan Bibit Unggul Durian Semengok Sakti

61
Kepala Dinas Pertanian OKU Joni Saihu.

Baturaja, SumselSatu.com

Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), saat ini tengah mengembangkan bibit unggul lokal. Salah satunya Durian Semengok Sakti. Sehingga Dinas tersebut memperioritaskan jenis tanaman buah yang disebut buah asli lokal di Kabupaten berjuluk Sebimbing Sekundang itu.

Kepala Dinas Pertanian Ir Joni Saihu menceritakan jika durian jenis ini, sudah sangat langka. Padahal durian itu salah satu jenis buah asli OKU. Oleh sebab itu kata dia, di tahun ini pihaknya telah mengembangkan dengan sistem stek (cangkok) batang.

Kelebihan durian ini sendiri kata Joni sangat banyak dibanding durian pada umumnya diantaranya daging kulit durian berwarna kuning tembaga dan tebal. Selain itu kadar alkoholnya lebih sedikit, paling mengiurkan hanya cukup empat tahun sudah bisa berbuah dibanding dengan durian biasa bisa mencapai 15 tahun lebih.

“Prosesnya cukup panjang sebab awalnya cuma ada indukan dua batang. Nah, saat ini masih proses penyambungan di OKI sebab disini belum ada ahlinya,” terang Joni, Selasa (6/3/2018).

Target mereka sendiri akan pembibitan 1000 batang dan nantinya akan disebar di 13 kecamatan yang ada di OKU.

Selain itu di tahun 2010 silam durian jenis ini sudah memenangi kontes di Jakarta, namun barulah tahun ini proses fokus pengembangan bibit unggul.

Tak hanya itu ungkap Joni, pihaknya juga mengembangkan komoditi bibit unggul yang mudah menghasilkan di antaranya cabe, jagung, bawang dan lainnya.

“Jadi kami harap masyarakat para petani bisa menanam bibit unggul ini. Jikapun ada yang ingin bibit unggul silahkan ajukan proposal,” terangnya. #ori

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here