Dirjen Sambangi Sumsel Tinjau Harga Pangan

66
SIDAK---Srie Agustina, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendag (Kerudung Ungu) saat meninjau Gudang Bulog dan Carefour Transmart Mall. (FOTO : SS1/Mardiansyah)

Palembang, Sumselsatu.com

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI) meninjau harga pangan dan ketersedian bahan pokok khususnya untuk menghadapi bulan puasa dan Lebaran. Srie Agustina, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendag, sambangi tiga lokasi untuk melihat kesiapan bahan pokok dan kesetabilan harga di kota Palembang.

Tiga lokasi yang di sambangi Srie, yakni Pergudangan Bulog Divisi Regional (Divre Sumsel Babel), Gudang Distributor Mekar Abadi dan Pasar Retail Carefour yang ada di Transmart Mall Palembang.

Dalam tinjauannya kali ini, pihaknya memang berkonsentrasi pada stabilisasi dan pengendalian harga serta ketersediaan barang kebutuhan pokok. Apalagi, menghadapi bulan puasa ini pihaknya bersama Bulog akan terus mengawal agar barang barang pokok di setiap daerah tersedia dengan cukup dengan harga terjangkau.

“Bahkan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, sudah membentuk Tim stabilisasi dan pemantauan harga untuk mengawal langsung ketersediaan dan stabilisasi harga di 34 provinsi,” kata dia saat menyidak Gudang Bulog Divre Sumsel Babel di KM 9 kota Palembang, Kamis (26/4/2018).

Dari hasil tinjauanya, Provinsi Sumsel di yakini siap untuk menghadapi bulan puasa karena stok beras yang sudah mencapai 25 persen atau sekitar 20 ribu ton beras.

“Dari paparan kepala Bulog tadi, stok berasnya cukup untuk Puasa, bahkan lebih karena menurut saya komsumsi masyarakat Sumsel hanya berkisar 800 ton,” ujarnya.

Sedangkan untuk harga jual, dari hasil tinjauanya di Carefour Transmart Mall, semua jenis pangan yang di jual di pasar Modern itu dinilainya sudah sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk harga beras, sudah sesuai harga het yakni Rp. 9.450 untuk kwalitas Medium. Sedangkan untuk harga telur, minyak dan Gula lebih rendah dari HET. “Daging ayam pun juga lebih rendah dari HET. Untum daging ayam HET nya Rp. 30.000 perkilonya, sedangkan yang di jual untuk ayam Broiler hanya 29.500,” jelas Srie.

Lanjutnya, semua harga lebih rendah dari HET yang ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan No 57 dan Permendag untuk ayam dan telur.

Sedangkan untuk beras mereka juga sudah menjual produk Beraskita yang merupakan produk dari Bulog yang harganya sesuai harga HET dengan kwalitas premium, sedangkan dengan kwalitas Medium, dari hasil kunjungan dia sebelumnya juga sudah dijual di pasar Lemabang, KM 5, dan Pasar Cinde.

Sementara itu, Cekly Anggono, selaku Store GM Carefour Transmart Mall menjelaskan jika memang pihaknya menjaga harga tetap kompetitif. Sementara untuk menjelang puasa pihaknya sudah mempersiapkan pasokan dari semua bahan pokok ini.

“Harga kami tidak jauh dari harga HET, dan kwalitas yang kami jual selalu fress dan berkualitas tinggi,” tukasnya. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here