Disnakertrans Mura Selesaikan Kartu Pencaker 20 Menit

49
PENCARI KERJA-----Salah satu pencari kerja tengah melakukan pengurusan Formulir AK1 di Kantor Disnakertrans Mura, Selasa (31/10/2017). (FOTO: SS1/HENGKY)

Musi Rawas, SumselSatu.com

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menargetkan penerbitan Formulir AK1 atau kartu pencari kerja (Pencaker) selesai dalam 20 menit. Hal itu untuk memberikan pelayanan prima bagi para pencaker.

Sekretaris Disnakertrans Mura Yapan mengatakan, perlayanan prima yang dilakukan pihaknya untuk mempermudah, mempercepat proses pelayanan bagi masyarakat, khususnya pencaker. Hal tersebut sesuai dengan langkah Disnakertrans mendapatkan ISO9001:2015.

“Besok tim audit eksternal ISO9001:2015 datang melakukan audit persiapan ISO. Dalam audit diantaranya manajemen respobilitas manajemen Disnaker, bagian umum dan kepegawaian, bidang penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja, dan seksi informasi pasar kerja,” ujar Yapan yang berbicara mewakili Kepala Disnakertrans (Kadisnakertrans) Mura Burlian, saat ditemui SumselSatu, di ruang kerjanya. Selasa (31/10/2017).

Dia menjelaskan, audit dilkukan untuk melihat sejauh mana ISO, baik respon, perencanaan sarana prasarana dan keterkaitan sumber daya manusia (SDM), serta pelayanan AK1. Inti audit bidang penempatan tenaga kerja dan pelaksanaan audit.

“Tim audit melaksanakan tugas satu hari untuk melihat seluruhnya persiapan mendapatkan ISO,” kata Yapan.

Setelah selesai, temuan-temuan audit untuk ditindaklanjuti Disnaker dalam rangka untuk mendapatkan ISO. Misal, terkait standar  kebersihan perkantoran yang dibawahi bidang umum kepegawaian.

“Jika sudah mendapatkan sertifikat ini, maka keunggulan dalam pelayanan AK1 baik dalam waktu yang cepat dengan persyaratan lengkap. Maka pelayanan maksimal  dengan waktu 20 menit sudah diterbitkan AK1 untuk pencaker. Karena Kartu AK1 sebagai syarat pencaker. Dan saat ini pelayanan prima sudah disesuaikan Disnakertrans Mura dengan pelayanan saat ini,” katanya.

Dia menambahkan, informasi yang mereka terima, akhir November setelah dinyatakan layak memenuhi syarat, maka sertifikat ISO9001:2015 segera diterbitkan.

“Untuk tahun ini hanya Disnakertrans Mura yang menerima sertifikat ini dari kabupaten/kota di Sumsel,” tambahnya. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here