Dodi-Giri Tawarkan 13 Program Strategis

266
Pasangan Dodi Giri

Palembang, SumselSatu.com

Pasangan Calon Gubernur (Cawgub)-Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel Nomor Urut 4 H Dodi Reza Alex Noerdin-H M Giri Ramanda N Kiemas, menawarkan 13 program strategis untuk Sumsel.

Calon Wagub (Cawagub) Sumsel Giri Ramanda Kiemas menyampaikan, pasangan Dodi-Giri menilai bidang pendidikan adalah sangat penting. Karena itu, program strategis utama mereka adalah Pendidikan untuk Semua atau Sumsel Cerdas.

“Kami akan tetap melanjutkan dan meningkatkan Program Sekolah Gratis  hingga kuliah gratis yang berkualitas. Pendidikan akan sangat mempengaruhi SDM Sumatera Selatan,” ujar Giri Ramanda Kiemas kepada SumselSatu belum lama ini.

Giri mengatakan, penduduk Sumsel juga harus sehat. Karena itu, program strategis Dodi-Giri selanjutnya adalah Jaminan Kesehatan Daerah untuk Semua (Universal Coverage). Pelayanan berobat gratis harus muda dijangkau dan tidak membedakan level sosial.

Selain itu, pembangunan sosial meliputi perlindungan ibu dan anak, kesetaraan gender, memperhatikan disabilitas, dan keluarga berencana.

“Sumatera Selatan juga harus memiliki kedaulatan pangan, energi dan kelistrikan,” kata pria yang pernah menjabat Ketua DPRD Sumsel itu.

Giri menambahkan, sebagai provinsi dengan jumlah penduduk mayoritas bekerja di bidang perkebunan atau pertanian, maka program hilirisasi di sektor perkebunan karet (seperti aspal karet) dan  peremajaan komoditas sawit, karet, dan kopi juga harus dilakukan.

“Kami juga harus menciptakan lapangan kerja dengan mengoptimalkan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-api dan kawasan industri khusus serta meningkatkan arus investasi,” kata Giri.

Sebagai provinsi yang memiliki banyak potensi wisata, maka Dodi-Giri juga menjadikan Pariwisata dan Industri sebagai program strategis. Dengan kelengkapan venue olahraga di Jakabaring Sport City, serta beberapa kali sukses menggelar even olahraga, maka Sumsel dapat menjadi Provinsi Olah Raga. Sedangkan di sisi industri, maka penuntasan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-api (KEK TAA) harus dilakukan.

Kata Giri, percepatan pembangunan infrastruktur jalan-jalan provinsi ditargetkan selesai dalam waktu dua tahun kepemimpinan Dodi-Giri.

“Ada juga Program Gerakan Serentak (Gertak) Sejuta Mandiri untuk penanggulangan kemiskinan, perumahan dan permukiman,” katanya.

“Selain itu Pembangunan Berbasis Landscape yang mendorong terciptanya green growth development. Terakhir, integrasi sistem perencanaan pembangunan, e-plannig, e-budgeting, e-monev, Sumsel Satu Data,” kata Giri Ramanda Kiemas. #arf

13 PROGRAM STRATEGIS DODI-GIRI:

  1. Pendidikan untuk Semua (Sumsel Cerdas) dengan sekolah dan kuliah gratis yang berkualitas
  2. Jaminan Kesehatan Daerah untuk Semua (Universal Coverage) dengan pelayanan berobat gratis yang mudah dijangkau dan tidak membedakan level sosial
  3. Pembangunan Sosial: perlindungan ibu dan anak, kesetaraan gender, disabilitas, keluarga berencana
  4. Kedaulatan Pangan
  5. Kedaulatan Energi dan Kelistrikan
  6. Perkebunan dengan program hilirisasi di sektor perkebunan karet (seperti aspal karet) dan  peremajaan komoditas sawit, karet, kopi se-Sumatera Selata
  7. Penciptaan lapangan kerja dengan mengoptimalkan kawasan ekonomi khusus TAA dan kawasan industri khusus serta meningkatkan arus investasi.
  8. Pariwisata dan Industri (Provinsi Olah Raga, KEK)
  9. Infrastruktur Strategis dengan percepatan pembangunan infrastruktur jalan-jalan provinsi yang selesai dalam waktu 2 tahun
  10. Gerakan Serentak (Gertak) Sejuta Mandiri (penanggulangan kemiskinan)
  11. Perumahan dan Permukiman
  12. Pembangunan Berbasis Landscape yang mendorong terciptanya green growth developmen
  13. Integrasi sistem perencanaan pembangunan (e-plannig, e-budgeting, e-monev), Sumsel Satu Data.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here