Enterpreneur Day SD IT Al Furqon, Ajarkan Siswa Jadi Pengusaha

119
Suasana kegiatan Enterpreneur Day siswa SD IT Al Furqon.

Palembang, SumselSatu.com

Sebanyak 350 siswa dari kelas 3 sampai kelas 5 Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu (IT) Al-Furqon belajar menjadi pengusaha sukses melalui kegiatan Enterpreneur Day 2018. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 22-24 Februari.

Kepala SD IT Al Furqon Palembang Zakiudin mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter siswa, jiwa enterpreneur dan gotong-royong. Selain itu, siswa diajarkan berinteraksi langsung terhadap masyarakat. Sehingga mereka termotivasi menjadi seorang pengusaha sukses.

“Ada 24 stand dalam kegiatan ini yang didominasi oleh hasil kreasi siswa. Kegiatan ini rutin kita lakukan dan tahun ini merupakan tahun kelima. Tahun ini kita mengangkat tema generasi muslim yang berjiwa enterpenuer,” ujarnya ketika diwawancarai di sela-sela acara.

Menurutnya, kegiatan tersebut relevan dengan program pemerintah membangun ekonomi di Sumsel dan Kota Palembang. Sehingga pihaknya mencanangkan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan pembekalan sejak dini di sekolah.

“Selain bazar, kita juga menggelar berbagai lomba yakni lomba tari, mewarnai, adzan, tahfiz, dan lomba da’i yang melibatkan 250 SD dari sekolah negeri dan swasta di Kota Palembang,” beber Zakiudin.

Dengan adanya kegiatan rutin ini, lanjut Zakiudin,  siswa bisa mengetahui potensi jiwa enterprenuer yang ada di dalam dirinya. “Jadi siswa bisa mengembangkan diri sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimilikinya,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu siswi kelas 4 SD IT Al-Furqon, Alifah Fitriani mengungkapkan, dirinya sendiri bersama teman satu kelasnya menjual beberapa jenis makanan seperti es rasa buah, puding dan kue.

“Saya senang karena bisa ikut merasakan sensasi berdagang dan mencari uang sendiri,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here