Rawan Longsor, Pengguna Jalan Dihimbau Untuk Hati-Hati

83
Beberapa Petugas sedang membersihkan bongkahan kayu pohon yang rubuh akibat tanah longsor.

Palembang, SumselSatu.com

Bagi masyarakat provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terutama di sekitar kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat yang ingin berpergian menuju Kecamatan Tanjung Sakti ataupun yang ingin menuju Kabupaten Mana Provinsi Bengkulu di himbau untuk tetap berhati-hati.

Alasannya, jalan Pagaralam – Tanjung Sakti di khawatirkan akan terjadi bencana longsor apalagi saat ini itensitas hujan sedang tinggi dan disertai angin kencang yang megguyur wilayah tersebut.

“Kita himbau masyarakat untuk tetap berhati-hati bila menggunakan jalan itu terutama di musim hujan ini,” ucap Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah dua, Balai Besar Perbaikan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V Provinsi Sumsel, melalui  Asisten Pelaksana dan Pengawasan PJN Wilayah dua, Andi Pratama, saat dijumpai di kantornya, Kamis (22/2/2018).

Apalagi, kata Andi, sebelumnya longsor telah melanda sepanjang jalan Pagaralam – Tj. Sakti – Batas Provinsi Bengkulu, atau tepatnya berasa di desa Tanjung Sakti, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat.

Longsor yang terjadi, mengakibatkan 19 timbunan tanah dan bebatuan yang menutupi badan jalan dan 7 lokasi bahu jalan yang tergerus atau Longsor.

“Longsor itu terjadi pada hari minggu sekitar pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB karena hujan lebat yang terus melanda,” jelas Andi.

Lanjut Andi, pihaknya telah melakukan beberapa penanganan seperti pembersihan material dengan menggunakan alat berat. Sehingga pada akhirnya mulai hari ini (kemari-red) akses jalan tersebut sudah mulai bisa dilalui.

“Meskipun sudah bisa dilalui, tapi saya harap masyarakat untuk tetap berhati-hati jila melaui jalan itu ,” ujar dia.

Terakhir, tambah Andi, pihaknya telah mendirikan base camp di sekitar lokasi serta menyiagakan alat berar agar cepat bertindak jika ada longsor susulan yang terjadi.

“Ini bentuk kesiagaan dari kita, selain itu kita juga di bantu oleh Pemerintah setempat dan juga pihak kepolisian untuk bersiaga di lokasi. Tapi semoga tidak ada lagi bencana longsor yang terjadi,” tutupnya. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here