Fitri : Prospek Ekspor Pempek Cerah, Pemkot Berikan Pinjaman bagi IRT

30
Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat menghadiri pembuatan pempek

Palembang, SumselSatu.com

Prospek pengelolaan makanan khas Palembang yang sudah dikenal,  menarik perhatian Wakil Walikota Palembang Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda untuk memberikan bantuan bagi ibu rumah tangga yang ingin mengembangkan usaha pempek.

Di mana, menurut Finda, saat ini prospek ekspor pempek ke luar Kota Palembang baik ke dalam maupun luar negeri cukup cerah.

Bahkan, kata mantan ketua komisi II DPRD Palembang ini,  data yang ia dapatkan, dalam sehari ekspor pempek mencapai angka satu ton per harinya.

Hal ini diungkapkan Fitri saat menggelar demo masak pempek bersama warga di jalan Sultan Agung  RT 8 depan SPBU terapung Kecamatan Ilir Timur (ITII), Rabu (6/11/2017) didampingi camat IT II Syahiruligama beserta  lurah mendapat perhatian dari IRT dikawasan sultan Agung.

“Pengusaha pempek Palembang mulai dari usaha besar maupun kecil,  saat ini mengalami kemajuan di mana pesanan pempek dari luar Kota Palembang sangat tinggi yakni mencapai angka satu ton per harinya. Maka dari itu ia mengajak para masyarakat yang tertarik untuk menggeluti bidang tersebut,” ungkap Finda sapaan akrab.

Untuk menunjang kebutuhan modal bagi pelaku UMKM, Pemerintah Kota Palembang membuat program untuk memberikan pinjaman kepada warganya untuk modal usaha tanpa ada agunan maupun jaminan.

“Untuk persyaratannya sendiri cukup mudah, yakni mengajukan diri ke kelurahan ataupun kecamatan domisilinya dengan membawa identitas diri yang lengkap, nanti ada tim khusus yang menyeleksinya.  Dipastikan tidak ada setoran apapun dalam pengajuan ini,” terang orang nomor dua di kota Palembang ini.

Besaran pinjaman sendiri, sambung Fitri, senilai tiga juta rupiah dan dapat diangsur dalam waktu setahun.

“Sekali lagi ini tanpa bunga, agunan maupun jaminan,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar para pembuat pempek dapat terus menjaga kualitas pempeknya dengan menggunakan ikan segar sebagai bahan baku utamanya.

“Tingginya permintaan dari luar daerah menunjukkan jika kualitas pempek Palembang tidak diragukan, hal tersebut terus dijaga, Jadi kita harus menjaga kualitasnya agar pesanan pempek ke luar kota terus meningkat,” singkatnya. #yud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here