Gubernur Ingatkan Pjs Bupati Tak Sembarangan Gunakan Anggaran

21
(FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengingatkan agar penjabat sementara (Pjs) bupati tidak sembarangan menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Hal itu disampaikan Gubernur saat pengukuhan pjs bupati di Griya Agung, Palembang, Sabtu (26/9/2020) malam.

“Saya tekankan lagi kepada pjs bupati yang mempunyai wewenang sebagai bupati untuk  tidak akan melebihi bupati aslinya, dengan tidak menggunakan anggaran semaunya,” ujar Herman Deru.

Ada lima pjs bupati yang dikukuhkan. Yakni, Pjs Bupati Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan (OKUS), Musi Rawas (Mura), dan Mura Utara (Muratara). Adalah Aufa Syahrizal Pjs Bupati OI, M Zaki Aslam Pjs Bupati OKU, Nora Elisa Pjs Bupati OKUS, Ahmad Rizali Pjs Bupati Mura, dan R A Supriono Pjs Bupati Muratara.

“Karena pjs bupati adalah menunggu rumah sementara orangnya tidak ada. Jadi pesan saya, jadilah pjs bupati yang sopan, karena citra anda di lapangan menunjukkan perwakilan gubernur di daerah,” tambah Deru kepada para pjs bupati.

Penunjukkan pjs menyusul bupati di lima daerah itu akan mengikuti Pemilukada 2020 serentak pada Desember nanti. Di awal, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, sebelumnya telah mengusulkan nama pjs bupati kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI.

“Saya ucapkan selamat kepada pjs bupati yang telah dikukuhkan,” kata Gubernur.

Gubernur memerintahkan pjs bupati menjaga kondusif di daerah tugas agar bebas dari konflik. Kemudian, menjalankan tatanan pemerintahan dan sistem keuangan.

Deru juga mengingatkan para pjs agar tidak merubah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang ada.

Gubernur mengatakan, jika ada aparatur sipil negara (ASN) yang melakukan pelanggaran peraturan perundang-undangan, maka pjs bupati dapat melakukan mutasi.

Gubernur mengatakan pula, pjs bupati kepanjangan tangan gubernur di daerah untuk menyelenggarakan beberapa aspek, menjaga ketenteraman, melanjutkan proses administrasi, dan mendapatkan fasilitas layaknya sebagai bupati. #nti

Pjs Bupati Kabupaten yang Menyelenggarakan Pemilukada:

No Nama Kabupaten Nama Pjs Bupati
1 Ogan Ilir (OI) Aufa Syahrizal
2 Ogan Komering Ulu (OKU) M Zaki Aslam
3 Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) Nora Elisa
4 Musi Rawas (Mura) Ahmad Rizali
5 Musirawas Utara (Muratara) R A Supriono

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here