Hadiri Try Out Akbar, Alex Noerdin Semangati Pelajar Jelang UNBK

44
PERSIAPAN UNBK---Gubernur Alex Noerdin di tengah-tengah siswa peserta Try Out. (FOTO : SS1/Mardiansyah)

Palembang, Sumselsatu.com

Sekitar delapan ribu pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII sederajat se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), memadati Palembang Sport and Convention Center (PSCC) untuk mengikuti try out (TO) akbar.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Pendidikan untuk mempersiapkan diri sekaligus menyiapkan mental para pelajar menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumsel Alex Noerdin memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya Try Out sekaligus menyemangati seluruh pelajar agar menggunakan kesempatan sebaik mungkin.

“Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin, semoga sukses untuk anak-anakku sekalian. Nah yang ado di sini beruntung. Tapi bagi yang belum mempunyai kesempatan ini bisa belajar sendiri, melalui bimbingan-bimbingan di kotanya masing-masing.

Semangat untuk anak-anakku sekalian, setelah itu berjuang kembali melanjutkan sekolah masuk ke universitas, untuk pendidikan yang lebih baik,” tuturnya.

Alex juga menyampaikan, agar pelajar berbangga berada di Provinsi yang saat ini menjadi lirikan dunia. Sebab hanya ada dua kota yang menjadi saksi penyelenggaraan event olahraga internasional, dimana hadir kembali setelah 1962 lalu, yakni Asian Games 2018 mendatang.

“Masyarakat Sumsel harus bangga bahwa provinsi Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games, sebab dari Asian Games inilah Provinsi Sumsel mempunyai Light Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia. Ditambah lagi tiga ruas jalan tol, Musi IV dan Musi VI, Rumah Sakit, fasilitas air bersih, kapasitas perluasan bandara, underpass/flyover dan lainnya,”ungkapnya.

Modal utama Provinsi Sumsel ini dipercaya melaksanakan event-event Internasional, lanjut Alex, karena kondusifitas Sumsel dan belum terjadi kerusuhan antar etnis dan antar umat beragama. Bahkan zero conflict Provinsi Sumsel sudah menjadi perhatian dunia.

“Kalau tidak ada Asian Games tidak ada LRT. Selain itu ada dua fungsi LRT. Suatu daerah dipercaya oleh 45 negara Asia dimana ada macan dunia (Jepang, Korea, China) menjadi tuan rumah penyelenggaraan even terbesar di dunia setelah sudah pasti daerah itu aman dan damai,” terangnya.

“Banyak yang tidak percaya, tapi berkat persatuan dan kesatuan serta ridho Allah, Alhamdulillah inilah provinsi Sumsel yang menjadi lirikan dunia, dan membuat daerah lain iri,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs Widodo menambahkan, dari try out ini diharapkan pelajar lebih percaya diri mengerjakan soal UNBK nanti. Untuk soal try out (TO) ini sendiri ia mengatakan, dibuat oleh guru-guru berprestasi dan terbaik untuk diukur setara dengan UNBK.

“TO ini bukan sebgai barometer hanya kesiapan mental agar pelajar bisa menghadapi ujian itu biasa saja,” tukas Widodo. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here