Baznas Musi Rawas Serahkan Dana Rp35 juta Bangun Jamban Keluarga

96
SERAHKAN---Ketua Baznas Kabupaten Mura, H Asri (kiri) menyerahkan dana Baznas untuk pembangunan jamban keluarga sesuai program sektor kesehatan, Musi Rawas Sempurna Sehat kepada Bupati Mura, H Hendra Gunawan, Senin (2/4/2018). (FOTO : SS1/Hengky)

Musirawas, SumselSatu.com

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Musi Rawas (Baznas Mura) menyalurkan dana kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) sebesar Rp35 juta. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan 50 unit jamban keluarga di 13 kelurahan.

Penyaluran dana tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) pembangunan jamban keluarga dan pembinaan posyandu holistik terintegrasi dalam rangka mempercepatan pencapaian Musi Rawas Sempurna Sehat.

Oleh Ketua Baznas Mura, Asri, Bupati Mura, H Hendra Gunawan dan Kadinkes Mura, Hj Milpta Hulummi, Senin (2/4/2018) di ruang rapat Off Room Pemkab Mura.

Ketua Baznas Kabupaten Mura, Asri mengatakan untuk penyaluran dana Baznas itu sesuai dengan ketentuan yang ada. Untuk tahap pertama kerjasama Baznas dengan Dinkes Mura disalurkan dana sebesar Rp35 juta. Untuk pembangunan 50 unit jamban keluarga dengan sasaran di 13 kelurahan.

“Kerjasama dengan Dinkes Mura ini baru terjalin. Sehingga, pihaknya baru menyalurkan dana Baznas sebesar Rp35 juta pembangunan jamban. Untuk mendukung program Pemkab Mura di sektor kesehatan. Namun, pihaknya kembali melakukan kerjasama ke depannya,” jelas Ketua Baznas Kabupaten Mura, Asri.

Menurutnya, kerjasama juga dilakukan Baznas dengan Dinas Sosial untuk program bedah rumah sebesar Rp15 juta per rumah. Sasaran bedah rumah sebanyak 10 rumah. Selain itu, Baznas juga mengelola dana yang masuk dari pengawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Mura yang masuk ke Baznas sebesar Rp40 juta. Semuanya disalurkan dengan mekanisme yang telah ditentukan.

Dia menjelaskan, Baznas juga telah mengelola dana dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina. Sesuai dengan keinginan pihak perusahaan penyalurannya dengan sasaran untuk pendidikan dan usaha bagi masyarakat miskin.

“Untuk pendidikan telah salurkan kepada anak-anak yang berada di sekitar stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sesuai dengan keinginan PT Pertamina. Sedangkan untuk masyarakat miskin telah disalurkan pembuatan gerobak usaha,” jelas dia.

Sementara itu, Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengatakan MoU yang dilakukan bersama sangat membantu percepatan pembangunan di sektor keaehatan. Sebab, sektor kesehatan salah satu indikator dalam pembangunan.

“Saya menyambut baik adanya kerjasama dengan Baznas. Kita juga terbuka dengan adanya penyisihan pendapatan yang dimiliki. Jika dikumpulkan sedikit demi sedikit maka meningkat,” kata Bupati Mura, H Hendra Gunawan.

Dia menambahkan kerjasama yang dilakukan dapat juga diperluas untuk program bedah rumah. Karena, masih banyak masyarakat yang membutuhkan. Sehingga, jjka berjalan tentunya sangat membantu pemerintah daerah. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here