Hanya Ishak-Yudha & Dodi-Giri yang Bicara Tata Kelola Pemerintahan

160
Kandidat Pilgub Sumsel

Palembang, SumselSatu.com

KPU Sumsel telah menyelenggarakan Debat Publik Cagub-Wagub Sumsel 2018 yang pertama pada Rabu (14/3/2018). Debat yang dilaksanakan di Grand Ballroom Hotel Novotel Palembang itu bertema ‘Reformasi Birokrasi dan Pengentasan Persoalan Ekonomi, Hukum, Politik, Infrastruktur untuk Sumatera Selatan yang Sejahtera’.

Melihat tema debat itu, dari empat pasangan calon (Paslon) peserta Pemilukada Sumsel, hanya pasangan Nomor Urut 3 Ishak Mekki-Yudha Mahyuddin dan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda Kiemas, yang berbicara soal reformasi birokrasi saat memaparkan visi dan misi di segmen pertama debat.

Sedangkan paslon Cagub-Wagub Nomor Urut 1 Herman Deru-Mawardi Yahya dan Saifudin Aswari-Irwansyah Rebuin sama sekali tidak menyentuh tema reformasi birokrasi.

Ishak menyampaikan, mereka akan menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Kelima, tata kelola pemerintahan yang baik,” ujar Cagub Ishak Mekki di ujung penyampaian visi dan misi mereka.

Paslon Cagub-Wagub Sumsel Dodi-Giri lebih spesifik menyampaikan persoalan tata kelola pemerintahan yang baik. Dodi menyampaikan, dirinya bersama Giri ingin mewujudkan Sumsel sebagai provinsi smart digital dalam dua tahun kepemimpinan mereka. Program tersebut menjadi program keempat dari enam program unggulan Dodi-Giri.

Program tersebut sebagai langkah Dodi-Giri untuk melakukan reformasi birokrasi dan memberikan layanan terbaik kepada publik.

“Mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi kepada seluruh layanan pemerintahan dan layanan publik,” ujar Dodi bersemangat.

Dodi menambahkan, mereka akan membuka akses seluas-luasnya kepada generasi muda yang kini sebagai generasi milineal akan kebutuhan teknologi informasi dan komunikasi, dengan menyediakan jaringan internet gratis hingga pelosok desa.

Debat Publik Cagub-Wagub Sumsel 2018 itu, dibagi dalam beberapa segmen. Mulai dari pemaparan visi dan misi selama tiga menit, paslon menjawab pertanyaan dari panelis dengan waktu dua menit, dan menjawab pertanyaan panelis dengan waktu 1,5 menit.

Kemudian, paslon bertanya kepada paslon lain dalam waktu 45 detik dan dijawab dalam waktu satu menit, serta paslon bertanya lalu dijawab paslon yang ditanya serta ditanggapi kembali dalam waktu 45 detik. Setelah itu, di segmen terakhir paslon menyampaikan closing statement. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here