HUT Ke-72, Kabupaten OKI Banyak Mengalami Kemajuan

100
HUT OKI-Bupati OKI Iskandar menghadiri TTG ke XIII tingkat Provinsi Sumatera Selatan sekaligus perayaan HUT OKI ke-72, Rabu (11/10/2017).

Kayu Agung, SumselSatu.com

Teknologi Tepat Guna (TTG) ke XIII tingkat Provinsi Sumatera Selatan, resmi dibuka. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten III Bidang Provinisi Sumsel Joko Imam Santoso. Pembukaan dimulai dengan pemukulan gong yang diikuti oleh Bupati OKI H Iskandar, SE, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumsel H Yusnin dan Direktur Pendayagunaan Sumber Daya ALam dan TTG Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr Suprapedi.

Bupati OKI H Iskandar, SE, mengungkapkan bahwa Kabupaten OKI telah banyak mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Pemerintah berkomitmen untuk terus berupaya melanjutkan dan menyempurnakan pembangunan di segala bidang.

Dengan visi terwujudnya masyarakat OKI yang maju, mandiri dan sejahtera, berlandaskan iman dan taqwa. Kegitan ini juga dalam rangkaian hari jadi Kabupaten OKI yang ke-72, sekaligus pembukaan OKI Expo.

“Tujuan diadakannya TTG adalah untuk memperkenalkan produk unggulan yang diciptakan oleh para peserta dari 17  kabupaten/kota se Sumsel. Dengan memperkenalkan inovasi teknologi yang terbaru tersebut. Kami berharap dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan menunjang   pengembangan   ekonomi  perdesaan,” kata Iskandar.

Menurut dia, gelar TTG bisa menjadi salah satu kunci utama untuk memadukan SDM dan SDA, agar  bisa  menghasilkan  produk   yang berdaya saing. Diharapkan juga melalui gelar TTG ini dapat menemukan teknologi yang sesuai  dengan kebutuhan masyarakat.

“Teknologi yang dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak  merusak lingkungan dan dapat  dimanfaatkan oleh masyarakat secara  mudah serta menghasilkan nilai tambah  dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup. Melalui  penemuan TTG berbasis  potensi   daerah  menuju  keunggulan  kompetitif, bisa  menemukan  inovator – inovator  daerah  yang  dapat  mengembangkan  pembangunan perdesaan untuk meningkatan  perekonomian  di kabupaten  OKI dan Sumsel pada umumnya,” pungkasnya.

Kepala Dinas PMD OKI Hj Nursula menambahkan, bahwa TTG tingkat provinsi dilaksanakan pada tanggal 11- 15 Oktober di Gor Perahu Katjang, Kayu Agung. Pemkab OKI menampilkan tiga teknolgi unggulan yakni Hidrolic Water Pump, Briket Gulma Gambut (BBG) dan Biji Kelor sebagai penjernih air. Ketiga teknologi sebelummya memenangkan lomba TTG tingkat kabupaten.

“Selanjutnya ketiga teknologi tersebut akan dilombakan dan bila menang akan mengikuti ajang nasional tahun 2018 mendatang,” ujarnya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here