Jelang Lomba Bidar, Sungai Ogan Dibersihkan

220
Aksi bersih-bersih Sungai Ogan jelang pagelaran lomba bidar.

Baturaja, SumselSatu.com

Jelang pagelaran lomba Bidar (perahu dayung) yang akan digelar Pemkab OKU di kawasan aliran sungai Ogan tepatnya di sepanjang jembatan Ogan I sampai Ogan III mulai dibersihkan sampah-sampahnya, pada Jumat bersih (29/12/2017).

Dipimpin Bupati OKU Drs Kuryana Azis, tampak tim gabungan BPBD OKU terjun langsung ke sungai membersihkan tumpukan sampah yang menyangkut di tiang jembatan tersebut.

Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) OKU Topan Indra yang dibincangi mengatakan, pembersihan ini memang rutin dilakukan sesuai program Jumat bersih,

“Sampah di Sungai Ogan terutama dibawah jembatan kita bersihkan sekalian untuk persiapan lomba perahu dayung,” kata Topan, Jumat (29/12/2017).

Hingga saat ini diungkapkan Topan, sudah ada sekitar 83 Tim peserta lomba Perahu yang mendaftar, jumlah tersebut tetdiri dari 17 Tim Putri dan sisanya merupakan Tim Putra dari Instansi dan kecamatan.

“Satu tim terdiri dari 3 orang,” jelasnya.

Kegiatan yang akan digelar pada Minggu (29/12) ini, kata Topan, akan dimulai sekitar pukul 07.30 dan akan dibuka secara langsung oleh Bupati OKU Drs H Kuryaba Aziz.

Dalam Kegiatan ini, pihaknya, lanjut Topan, menyiapkan 16 unit perahu, dengan jalur lomba yakni start di Jembatan Ogan III dan finis di Ogan 1.

“Kita gunakan sistem gugur, sekali bertanding yakni 8 tim dan kita ambil pemenang 1 dan 2, kalau di final kita ambil juara 1, 2, 3 dan juara 4,” tandasnya.

Sementara pemerhati lingkungan, Rakhmat Saleh menyambut baik adanya pegelaran lomba bidar yang baru pertama diselenggarakan di kota Baturaja oleh Pemkab OKU.

Namun dirinya tak lupa menyoroti kebersihan Sungai Ogan harus diperhatikan, jangan hanya saat akan ada lomba saja, sebab Sungai Ogan jadi aset bagi masyarakat kabupaten OKU, “Bagaimana ada solusi bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai, percuma kalau tidak sadar, akan terus banyak sampah menumpuk khususnya tiang jembatan,” ucapnya. #ori

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here