Jumlah Guru SMP Penerima Sertifikasi Meningkat

82
Ilustrasi Sertifikasi Guru

Palembang, SumselSatu.com

Tahun 2017 sebanyak 6.000 guru menerima tunjangan sertifikasi dari Dinas Pendidikan Kota Palembang berdasarkan TW-4 di akhir tahun 2017. Nah, pada tahun 2018 jumlah guru tingkat SMP yang menerima sertifikasi jumlahnya dipastikan bertambah banyak.

Kepala Seksi GTK Dinas Pendidikam Kota Palembang Haris Basid, Rabu (18/1/2018) mengatakan, pencairan dana sertifikasi pada triwulan pertama (TW-1) guru SMP dalam proses pencairan. Termasuk soal pendataan nama yang juga dalam proses pendataan kembali.

Selain itu, bagi guru yang sudah lulus Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) mereka sudah bisa mendapatkan sertifikasi.

“Secara hitung-hitungan jumlah sertifikasi akan meningkat, oleh karena itu para guru harus bersabar karena dalam proses pendataan kembali. Pasalnya, pendataan dan syarat cukup banyak kelengkapannya. Dan tentu mereka sudah bisa mendapatkan haknya, yakni sertifikasi bagi para guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah terdaftar,” katanya.

Hanya saja, penerima sertifikasi harus memenuhi beberapa persyaratan seperti wajib lulus PLPG, jam mengajarnya cukup, nomor rekening harus sesuai nomor tersebut dan data yang dimasukan harus sesuai data yang ada.

Setelah syarat itu terpenuhi, otomatis mereka sudah bisa mendaftar sertifikasinya ke Disdik Kota Palembang, dan setelah itu Disdik akan segera menginputkan data mereka kebagian data operator di Kemendikbud.

“Alhamdulillah semua pencairan sertifikasi guru SMP Kota Palembang tidak ada kendala, malahan sertifikasi mereka sudah dicairkan semua. Perlu diingat pencairan ini pun tidak bisa dikirim sekaligus ke semua guru di hari sama, melainkan secara secara bertahap dan sesuai nomor urut. Kalau sudah dikirimkan, tentu pihak pusat akan langsung memverifikasi pencairan. Untuk nominal sendiri ini sesuai jabatan dan golongan didapat selama ini,” ungkapnya.

Selain itu, kebanyakan guru SMP kota Palembang bergolongan 4B, soalnya Disdik sudah meminta jauh-jauh hari kepada mereka untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang S1.

“Makanya jangan heran kalau guru kita rata-rata banyak senior, meskipun mereka sudah memasuki usia produktif tapi mereka tetap semangat dalam dunia pendidikan. Pastinya pada tahun ini Disdik sudah bersiap untuk anggaran tahun 2018. Untuk¬† TW 1 sertifikasi sedang masa pengumpulan. Kita harapkan tidak ada kendala dalam TW 1, dan syarat sertifikasi ini pun harus dipenuhi,” pungkasnya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here