Kodim 0406/MLM Panen Raya Padi Amphibi di Demplot Mini Agro Tekno

73
PANEN - Dandim 0406/MLM, Letkol Kav Dodi Syamsurizal bersama jajaran Kodim 0406/MLM melakukan panen perdana di Demplot Mini Agro Tekno di lahan eks Kompi 141 AYJP Taba Pingin Kota Lubuklinggau. (FOTO: SS1/HENGKY)

Lubuklinggau, SumselSatu.com

Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0406/MLM dipimpin Komandan Kodim (Dandim) Letkol Kav Dodi Syamsurizal, Selasa (14/8/2018), melakukan panen raya padi jenis amphibi varietas Situbagendit.

Panen ini merupakan hasil terobosan inovatif dan kreatif Kodim 0406/MLM dalam memanfaatkan lahan eks Kompi 141 AYJP Taba Pingin Kota Lubuklinggau dan menjadikannya kebun percontohan (demplot). Di lokasi tersebut dilakukan pengembangan padi, jagung, kedelai, dan ikan (pajalekan).

Dandim 0406/MLM Letkol Kav Dodi Syamsurizal mengatakan, lahan eks Kompi 141 AYJP Taba Pingin kini dijadikan demplot mini agro tekno. Adapun jenis tanaman pertanian yang ditanam, padi seluas 1,5 hektar, jagung 3/4 hektar, kedele 1,2 hektar, dan selebihnya untuk tanaman palawija serta kolam ikan air tawar.

“Untuk tahap pertama ini, sudah dilakukan panen tanaman padi dengan usia tanam 100 hari. Ini salah satu upaya meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan contoh bagi masyarakat,” kata Dandim 0406/MLM, Letkol Kav Dodi Syamsurizal dalam press releasenya.

Menurut Dandim, ketahanan pangan bisa dibangun dengan lahan yang ada di sekitar. Artinya, masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami tanaman hortikultura. Sehingga, bisa memberikan hasil untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan masyarakat sekitar.

“Kita mengajak masyarakat dan para petani lainnya, untuk meningkatkan ketahanan pangan bersama. Sehingga, produktivitas pertanian kita terus meningkat dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan,” kata dia.

Dandim menjelaskan, untuk pemupukan tanaman pertanian dan hortikultura di lokasi tersebut menggunakan Bios 44. Ini terobosan perdana dilakukan Kodim 0406/MLM dalam mengembangkan kawasan agro tekno di lahan eks Kompi 141 AYJP yakni melakukan pengembangan pajalekan.

“Kami mengharapkan seluruh lapisan masyarakat agar memanfaatkan semaksimal mungkin dengan ditanami tanaman hortikultura yang memberikan manfaat besar bagi pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Dodi Syamsurizal.

Dia menambahkan, untuk lokasi di halaman depan diperuntukan bagi masyarakat umum dibuatkan sarana olahraga. Masyarakat bisa memanfaatkan sarana tersebut setiap hari untuk berolahraga. #rel/gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here