Komputer Terserang Virus, Siswa Tak Ikuti UNBK

68
Kabid SMK Disdik Sumsel Erlina.

Palembang, SumselSatu.com

SiSWASMK NU Muara Padang, Banyuasin, tidak bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di hari kedua, karena komputer yang digunakan terkena virus. Akibatnya UNBK untuk 24 siswa di SMK itu ditunda.

Erlina, Kabid SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel,  mengatakan, dirinya mengetahui hal tersebut setelah membaca pesan WhatsApp dari Kepala SMK.

Dalam pesan tersebut diketahui, naskah soal yang diujikan menjadi kacau dan tidak beraturan. Operator komputer harus melakukan instal ulang.

“Aplikasi ini diminta untuk dilakukan instal ulang. Karena mengabaikan instal ulang, makanya terkena virus,” kata Erlina, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/4/2018).

“Setelah dicek penyebabnya ada virus di komputer, lantaran ingin diinstal ulang. Alhamdulillah dari hasil komunikasi melalui Kepala SMK di sana, semua komputer sudah dilakukan instal ulang, kami pastikan hari ketiga ini siswa bisa mengikuti ujian lagi,” katanya.

Erlina menambahkan, ada UNBK susulan pada 17-18 April mendatang.

“Jadi mereka susulan akan dilaksanakan 1 hari dengan dua mata pelajaran, jika pun satu hanya mata pelajaran maka satu saja sesi saja,” katanya.

Ketika disinggung apakah virus sengaja disebarkan pihak tudak bertanggungjawa, Erlina mengatakan, hal itu terjadi karena kelalaian panitia sekolah yang tidak melakukan instal ulang. #nti 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here